in

Google Site Untuk Literasi Digital

Perkembangan teknologi yang terjadi begitu cepat telah merubah hampir seluruh tatanan kehidupan, terutama di bidang pendidikan. Salah satu penerapannya antara lain sebagai pemanfaatan sarana multimedia dan media internet dalam proses pembelajaran.

Pemanfaatan sarana multimedia dalam proses pembelajaran diwujudkan melalui media belajar yang lebih interaktif dan menarik, misalnya pada pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan dengan dikenalkannya beberapa platform pembelajaran berbasis internet yang cukup diminati oleh guru seperti penggunaan google meet, google form dan google classroom.

“Literacy is a bridge from misery to hope,”- Kofi Annan.

Literasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan informasi dengan memiliki kemampuan dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan membaca dan menulis. Literasi yang dipahami oleh peserta didik pada awalnya adalah membaca buku yang pastinya dianggap membosankan dan hanya beberapa kalangan yang gemar menggunakannya.

Namun seiring dengan perkembangan zaman untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan sudah semakin mudah, hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi yang membawa kearah era digital seperti saat ini. Konsep literasi saat ini sudah semakin berkembang dan terbagi ke dalam beberapa bentuk literasi, salah satunya adalah literasi digital.

Perkembangan teknologi dan informasi telah membawa generasi sekarang memasuki dunia literasi digital. Literasi digital sudah menjadi hal yang tidak asing lagi, baik di bidang akademik maupun nonakademik. Salah satu alternatif yang muncul terkait dengan literasi digital, yaitu beralihnya bahan bacaan fisik menjadi digital.

Prinsip literasi digital yaitu memudahkan pembaca dalam mengakses informasi kapanpun dan dimanapun dibutuhkan, dalam hal ini menggunakan perangkat yang terhubung ke jaringan internet. Berbagai macam sumber informasi sudah tersedia di internet seperti e-Book, e-Journal, website, youtube, podcast, sosial media, e-Library dan masih banyak sumber informasi lain.

Guru mempunyai peran strategis dalam menyikapi keadaan saat ini. Guru harus kreatif dan inovatif untuk melakukan pembaharuan dalam proses belajar mengajar baik itu model, metode dan yang tidak kalah penting yaitu menggunakan teknologi yang mendukung  untuk media pembelajaran. Karena dengan teknologi tentunnya akan memudahkan proses pembelajaran baik itu untuk guru dan Peserta didik.

Penggunaan Teknologi pada Literasi Digital salah satunya yang tidak asing lagi bagi kalangan pendidik adalah Google Site. Google Site merupakan pengganti dari Google Page Creator. Google sites digunakan untuk membuat situs website untuk pribadi ataupun kelompok, baik untuk keperluan personal ataupun korporat.

Google sites adalah produk yang dibuat oleh google sebagai alat untuk membuat situs bersama-sama semudah mengedit sebuah dokumen, dan pengguna selalu mengendalikan siapa yang memiliki akses apakah itu sendiri, tim, atau seluruh organisasi bahkan pengguna dapat menayangkan situs untuk dunia.

Google Sites dapat digunakan sebagai perpustakaan digital sederhana, yang dapat membantu mengarahkan proses literasi digital peserta didik Menggunakan Google Sites untuk Litersi Digital merupakan cara termudah dan kreatif dalam membuat peserta didik lebih menyenangkan saat melaksanakan kegiatan Literasi.

Penggunaan google sites dalam literasi digital dapat dioptimalkan menjadi literasi yang lengkap dan menarik. Seperti yang diterapkan di SDN 59 Payakumbuh. Cara mengoptimalkan penggunaan Google sites dalam Literasi Digital adalah Materi Literasi yang diunggah pada Google sites berupa buku dongeng yang disajikan dalam bentuk flipbooks digital, kemudian ada dongeng yang juga disajikan dalam bentuk video.

Selain Buku cerita, dalam platform literasi digital juga ada cerdas berkarakter, budaya Indonesia dan juga buku pelajaran lainnya dikemas semenarik mungkin yang akan memudahkan peserta didik sehingga meningkatkan minat literasi peserta didik. Setelah selesai melaksanakan kegiatan Literasi, pada platform juga disediakan Resensi dan buku absen digital.

Peserta didik tinggal mengunjungi google sites Literasi Digital, kemudian memilih materi mana yang ingin dilihat. Dengan literasi yang dikemas dalam bentuk digital, maka besar harapan agar keterampilan membaca, menyimak, dan menulis peserta didik dapat meningkat dari sebelumnya.(***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

20.000 Ha Lahan Jagung Terkendala Bibit

KPU Tetapkan 50 Kursi Untuk DPRD Pati