in

Gubernur Dukung Kebijakan Bupati Padangpariaman

Pembangunan kawasan terpadu yang terletak di Tarok, Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2×11 Kayutanam mendapat dukungan dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. 

Pada kawasan seluas 697 hektare yang berstatus tanah negara itu dialokasikan untuk pembangunan lima kampus, satu unit rumah sakit, gedung Diklat Lembaga Administrasi Negara, gedung Diklat Kejagung dan Perkantoran Pemerintah Daerah Padangpariaman.

”Alhamdulillah, tadi kata Pak Ali Mukhni, kawasan itu telah ditinjau dan diapresiasi Kemeristek Dikti. Pemprov siap dukung moril dan materil, dari awal hingga akhir,” kata Gubernur Irwan Prayitno saat kunjungan Tim Safari Ramadhan di Mesjid Kapalokoto, Kecamatan Nan Sabaris, Kamis (1/6).

Irwan juga meminta seluruh masyarakat agar mendukung pembangunan kawasan terpadu tersebut yang tujuannya untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Bisa dibayangkan perputaran uang per hari yang bisa dinikmati masyarakat sekitar.

”Jika diperkirakan ada mahasiswa 20 ribu, belanja rata-rata Rp 50 ribu, artinya uang Rp 1 miliar beredar di Tarok dan sekitarnya,” kata Gubernur.

Multiplier effect pembangunan tersebut juga dapat dirasakan oleh kabupaten dan kota lainnya, seperti Padangpanjang, Bukittinggi, Tanahdatar, Solok, Agam dan Payakumbuh. Irwan juga mendorong Kemenristek Dikti dan Kemenkes untuk percepatan pembangunan.

Bupati Ali Mukhni melaporkan bahwa pada 31 Mei 2016, pejabat Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mensurvei lokasi bersama tim teknis.

Sebagai bentuk keseriusan, Pemkab Padangpariaman telah membuka jalan sepanjang 3 kilometer menuju kawasan tersebut. Bahkan, jalan tersebut sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. 

”Lapor Pak Gubernur, sekarang mobil sudah bisa masuk ke lokasi, mudah-mudahan pembangunan kampus bisa dimulai tahun ini” kata Alumni Lemhanas itu.

Diketahui bahwa kawasan Tarok seluas 697 hektare merupakan tanah negara yang menurut undang-undang merupakan kewenangan Bupati Padangpariaman untuk penggunaannya. 

Pada safari Ramadhan itu, Gubernur Irwan Prayitno menyerahkan bantuan dana Rp20 juta dan dana pribadi Rp 5 juta yang diterima langsung pengurus Masjid Baitul Makmur. Sedangkan Bupati Ali Mukhni secara pribadi turut berinfak sebesar Rp 2,5 juta. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Jamaah Membengkak, Tambah Kontrak Katering

Ekspor Roda Empat Melaju di Awal Tahun