in

Hadapi Dampak Elnino Tahun 2024, Dinas Pertanian Kabupaten Pessel Iventarisir Sawah

PESSEL METRO–Dinas Pertanian, Kabupaten Pesisir Selatan berjibaku mempersiapkan data dalam menginventarisir dampak elnino di tahun 2024 ini.

Dinas Pertanian sebagai ujung tombak dari ketahanan pangan di Kabupaten Pessel, banyak hal perlu dilakukan.

Kepala Dinas Pertanian, Kabupaten Pessel Madrianto pada Posmetro, Kamis (16/5/2024) mengatakan, menghadapi dampak elnino tahun 2024, dinas pertanian saat melakukan inventarisir seluruh data sawah, khusunya sawah tadah hujan. Yang, mana selama ini mencuat dan menjadi pertanyaan banyak orang, serta media.

Untuk itu, dinas nya telah melakukan pendataan terhadap sawah tadah hujan yang ada di kabupatenPesisir Selatan. yaitu seluas 6.073,09 Ha. Yang, sebagian besar tidak beririsan dengan batang air atau sungai.

Sedangkan luas luasan sawah tadah hujan yang berisisan dengan batang air atau sungai adalah, Madrianto 1.397 Ha. Sedangkan, selebihnya adalah sawahtadah hujan yang tidak beririsan dengan batang air atau sungai. yaitu seluas 4.676,09 Ha.

” Nah inilah yang menjadi focus pemerintah daerah dalam menghadai dampak elnino dimasa mendatang yang diperkirakan terjadi sekitar bulan Juli sampai dengan akhir tahun 2024,” tegas Kepala Dinas Pertanian Madrianto, S.Hut., M.H.

Sejauh ini pihaknya telah mengintruksikan pada Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian agar mempersiapkan usulan dari data yang telah dihimpun sebelumnya ke pemerintah pusat, melalui Kementerian Pertanian RI, sebagaimana beberapa waktu yang lalu Pemerintah Pusat melalaui Kementerian Pertanian RI.Cq. DirektoratJenderalPrasarana Dan Sarana Pertanian menggelontorkan anggaran untuk program Ketersediaan Aksesdan Konsumsi Pangan Berkualitas, dengan kegiatan pengelolaan air irigasi untuk pertanian.

” Kita dari dinas pertanian, bersama bapak Bupati Pessel Drs.Rusmayul Anwar, langsung menindak lanjuti usulan tersebut ke Kementerian Pertanian. Dana hasil usulan tersebut mendapat reson cepat oleh Dirjen PSP Kementerian Pertanian, dengan catatan usulan ini agar dientrikan link data usulan yang telah di buat oleh Kementerian Pertanian secara marathon,” ujar Kadis Pertanian Pessel.

What do you think?

Written by virgo

Presiden Jokowi Pimpin Ratas Persiapan Keanggotaan Indonesia di OECD

Jadikan buku sesuatu yang menyenangkan agar masyarakat tertarik