in

Hari Menanam Pohon Indonesia 2022, PLN Tanam Ketapang Kencana di Pantai

PLN UID Sumbar menanam Pohon Ketapang Kencana di Pesisir Pantai Maaruf Amin Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman.

Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh pada tanggal 28 November, sekaligus sebagai wujud komitmen peran serta dalam melestarikan alam dan lingkungan hidup, PT PLN (Persero) lakukan acara penanaman pohon secara serentak pada seluruh unit di Indonesia.

Di PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat sendiri berlangsung acara peresmian penanaman Pohon Ketapang Kencana kepada Kelompok Nelayan Sumbar Riau, Senin (28/11), bertempat di Pesisir Pantai Maaruf Amin Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman.

Seremonial penyerahan bantuan dihadiri oleh Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum (KKU) PLN UID Sumbar Cipto Adi Sumartono, Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyudin, Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kota Pariaman Dasril, Forkopimda kecamatan Pariaman Selatan dan Kota Pariaman, Niniak Mamak Desa Taluak, Anggota Kelompok Nelayan Sumbar-Riau Desa Taluak, beserta ratusan pegawai PLN UID Sumbar.

Kelompok Nelayan Sumbar Riau adalah komunitas nelayan pecinta dan pelestari lingkungan yang bertempat di Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman. PLN Peduli hadir dengan bantuan senilai Rp.150 Juta kepada kelompok ini.

Bantuan PLN akan digunakan untuk penanaman Pohon Ketapang Kencana di sepanjang Pantai Maaruf Amin, yang diharapkan dapat menunjang wisata Pantai Maaruf Amin, memperindah kawasan pantai, sekaligus berperan secara langsung untuk menjaga kelestarian ekologi di kawasan pantai.

Kepala Desa Taluak Ismet Zuhri, pada sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN. “Terima kasih kepada PLN dan pemerintah. Semoga bibit-bibit pohon bantuan dari PLN dapat tumbuh baik dan subur dan berdampak pada semakin hijaunya Desa Taluak dan semakin asrinya kawasan ini ke depannya,” sebutnya.

Sementara Kadis Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kota Pariaman Dasril mengatakan, PLN bersumbangsih maksimal dengan merealisasikan 100% permohonan bantuan penghijauan dari Kelompok Nelayan Sumbar Riau.

“Ini merupakan bantuan TJSL PLN yang kedua. Pada tahun 2021 lalu PLN UID Sumbar telah menyerahkan 2000 batang cemara laut, dana pembangunan pagar, dan bantuan pupuk kandang. Sampai hari ini 2000 batang tersebut seluruhnya Alhamdullilah tumbuh dengan baik,” jelasnya.

Pada 2022 ini, lanjut Dasril, PLN kembali membantu penghijauan di Desa Taluak dengan bantuan 750 bibit Pohon Ketapang Kencana. “Sebanyak 750 bibit pohon Ketapang Kencana ini akan dibangun di sepanjang jalan tepi pantai yang ditanami langsung oleh nelayan-nelayan Desa Taluak. Bisa dibayangkan alangkah indahnya sepanjang jalan ini jika nanti Ketapang Kencana tersebut telah tumbuh tinggi dan berjajar rapi. Kepedulian PLN ini berdampak sangat besar bagi kami,” lanjutnya.

Desa Taluak direncanakan sebagai salah satu kawasan konservasi laut di Sumatera Barat, dan bantuan dari PLN akan sangat membantu untuk segera terwujudnya kawasan konservasi laut tersebut.

Desa Taluak yang terus berbenah semakin asri dan indah akan menjadi daya tarik pengunjung sehingga wisata Kota Pariaman semakin maju, sehingga dapat memberikan peningkatan ekonomi.

Senada dengan Dasril, Wakil Walikota Pariaman Bapak Mardison Mahyudin menyampaikan bahwa bantuan PLN sejalan dengan misi Kota Pariaman, yaitu pengembangan kawasan Pantai Kota Pariaman menuju Pantai tujuan wisata. “Terima kasih kepada PLN yang menjadi mitra baik pemerintah untuk  berperan terhadap kemajuan masyarakat dan lingkungan,” sampainya.

Disampaikan Mardison kemudian, pohon adalah bagian ekosistem yang sangat penting. Pada kawasan Pantai Maaruf Amin yang cukup panjang, yaitu sepanjang 15,7 Km, pohon di sepanjang pantai akan sangat bermanfaat pada jangka panjang untuk menjaga ekologi kawasan pantai tetap aman, lestari, dan bebas dari abrasi,” ungkapnya.

Mengingat perencanaan yang sangat besar terhadap kawasan Pantai Maaruf Amin, Cipto Adi Sumartono, Senior Manager KKU PLN UID Sumbar berharap, kelestarian jangka panjang bibit Ketapang Kencana dan bibit Cemara Laut, serta infrastruktur pendukung dari bantuan TJSL PLN, dapat dijaga oleh Kelompok Nelayan Sumbar Riau Desa Taluak dan juga masyarakat sekitar.

“Kegiatan pada hari ini juga adalah agenda PLN pada Hari Menanam Pohon Indonesia. Kegiatan serupa dilakukan serentak di berbagai unit PLN di Indonesia. Mari bersama PLN kita perbanyak jumlah pohon di tanah Indonesia, kita jaga hidup demi masa depan yang lebih baik untuk anak cucu kita nanti,” sebut Cipto.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Disdikbud Resmikan Sanggar Budaya Waringin Tunggal Di Desa Soneyan

“Serenata Jiwa Lara” rilis dalam format piringan hitam