in

Hindari 6 Kebiasaan Harian yang Buat Anda Cepat Pikun

Ternyata melemahnya daya ingat seseorang bisa berbuntut panjang pada penyakit pikun yang biasanya sering dialami disaat masa tua. Kebiasaan lupa ternyata, tidak hanya dialami karena faktor umur saja, namun kebiasaan ini sering kali terjadi karena telah meninggalkan kebiasaan-kebiasan baik yang pada dasarnya bisa memberikan manfaat untuk menambah daya ingat.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang sering kali untuk tidak dilakukan dan bisa memberikan efek mempercepat kepikunan, seperti apa saja ? Silahkan dilihat berikut ini.

Tidak tidur cukup

Kebanyakan orang yang tidak memiliki aktifitas tidur yang cukup ternyata didukung oleh berbagai macam alasan, seperti kerja yang lembur hingga kesukaan terhadap bergadang sendiri. Ternyata sebuah fakta mengatakan bahwa, kebiasan tidak cukup akan tidur, bisa memberikan efek yakni anda jadi lebih sering lupa.

Itu semua dikarenakan, tubuh terlalu lelah dan pada akhirnya membuat tubuh tidak cukup baik dalam berkonsentrasi pada sebuah pekerjaan. Jika seandainya anda menginginkan untuk memperkuat daya ingat, pastikanlah anda mendapatkan kualitas tidur yang baik pada setiap malamnya, yakni sekitar tujuh jam.

Tidak berlolahraga

Kebiasaan yang sering untuk tidak melakukan olahraga, ternyata memiliki peran yang cukup besar dalam meningkat sebuah resiko terhadap melemahnya daya ingat seseorang, sehingga pada akhirnya bisa lebih mudah untuk terkena pikun. Padahal dengan melakukan kegiatan olahraga dengan rutin dapat meningkatkan kempuan dari daya ingat serta memberikan kesempatan kepada otak dalam mendapatkan kembali yang namanya nutrisi dan juga oksigen disaat mulai melatih tubuh.

Dengan menyisihkan waktu anda sekitar 20 hingga 30 menit saja, pada setiap kali berlari atau berolahraga dalam tiga kali selama seminggu, sudah dirasa cukup untuk kembali meningkatkan daya ingat anda.

Tidak istirahat cukup

Terlalu sering memaksakan diri sendiri untuk melakukan sebuah pekerjaan tanpa adanya waktu jeda atau istirahat dapat meningkatkan resiko terkena penurunan daya ingat. Dengan cara mengistirahatkan diri anda didalam beberapa menit, ternyata dapat membantu tubuh dalam mengolah kembali informasi yang anda dengan baik.

Jika seandainya anda mengalami sulit dalam berfikir di sebuah pekerjaan yang sedang anda jalani, maka cobalah untuk mengistrirahatkan sejenak dalam beberapa menit, maka nantinya konsentrasi anda bisa kembali optimal.

Tidak mengasah otak

Sering kali orang-orang menganggap sepele tentang sebuah permainan, karena mereka beranggapan jika melakukan permainan dianggap seperti anak kecil. Padahal kenyataannya tidaklah demikian, sering melakukan permainan apalagi untuk permainan mengasah otak, bisa memberikan dampak dalam meningkatkan kapasitas otak sehingga anda bisa menyelesaikan sebuah masalah yang sedang dihadapi dengan lebih cepat.

Solusi terbaik untuk saat ini, adalah dengan memasukkan beberapa permainan yang bertema mengasah otak kedalam Smartphone anda, yang mana itu semua bisa anda mainkan dikala waktu senggang.

Tidak mengonsumsi makanan sehat

Kebanyakan orang beranggapan bahwa, makanan yang sehat, sangat sulit untuk dibuat, dan akhirnya mereka lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan cepat saji yang tentu saja belum menjamin kesehatannya. Ternyata kekurangan mengkonsumsi makanan yang sehat dapat memberikan dampak buruk yang begitu serius, yakni meningkatkan proses pikun.

Oleh sebab itu, mulailah dari sekarang untuk mengkonsumsi makanan sehat secara teratur, dan anda juga bisa menjadikannya sebagai camilan, seperti pada buah-buahan dan memperbanyak mengkonsumsi air putih dalam meningkatkan kemampuan daya ingat.

Tidak bermeditasi

Walaupun ini semua terdengar sepele, dan sering kali jarang melakukan kegiatan ini, ternyata kegiatan jarang melakukan meditasi dapat bedampak pada berkurangnya daya ingat seorang. Waktu untuk sendiri didalam melakukan meditas bisa membantu pikiran menjadi lebih tenang, dan tidak terganggu oleh berbagai kegiatan dan suasana dari luar.

Rajinlah melakukan meditasi ini, paling tidak selama 10 menit didalam sehari, maka dapat membantu anda dalam meningkatkan daya ingat pada otak, sehingga lebih mudahdalam berkonsentrasi saat kerja.

What do you think?

Written by virgo

Ribuan Prajurit TNI Lakukan Yong Moodo Bersamaan

Pemilih Swing dan Golput Penentu Kemenangan di Jakarta