in

Ikuti Pameran, Pengrajin Perhiasan Mulai Memperkenalkan Model Etnokultural Lokal Khas Indonesia

PROHABA. CO – Sejak Lama Perhiasan seperti Emas telah dikenal Investasi yang sangat Ampuh dan dapat dijual sewaktu-waktu apabila sedang membutuhkan Modal.

Saat ini, Pengembangan Karya-karya Perhiasan Lokal Tanah Air yang sangat Kreatif, Tak Kalah dengan Desain atau Model Perhiasan Luar Negeri. Para Pengrajin Perhiasan lokal pun turut berkontribusi dalam Memamerkan Produk yang bernuansa Lokal dari Tanah Air.

Para Perajin Perhiasan Tanah Air kini telah memperkenalkan berbagai Ide-ide kreatif dengan menghadirkan Desain perhiasan dengan tema dari berbagai Budaya di Indonesia dengan bantuan Teknologi masa kini.

Hal tersebut dapat dilihat pada saat Acara Pergelaran Pameran Perhiasan Jakarta International Jewellery Fair 2023, yang dilangsungkan di Jakarta Convention Center (JCC) selama 4 Hari yang berakhir pada tanggal 19 Februari 2023.

Ketua Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (APEPI) Jeffrey Thumewa mengatakan, walaupun menghadirkan etnik budaya, dalam pembuatannya tetap menggunakan teknologi masa kini dalam industri perhiasan dan industri pendukungnya tanah air.

“Pameran ini sekaligus sebagai sarana bagi pengusaha kecil dan menengah untuk meningkatkan pangsa pasar dan angka penjualan produk-produk perhiasan kreatif di tanah air,” kata Jeffrey dalam keterangannya, Sabtu (18/2/2023).

Jeffrey Thumewa mengatakan, dukungan pemerintah memberikan manfaat tak hanya bagi peserta pameran namun juga bagi kreativitas para perajin emas.

“Di sektor kreativitas, Indonesia mumpuni dalam menghasilkan penggabungan seni tradisional dan menggunakan teknologi modern,” katanya.

Baca juga: 171 Brand Otomotif Siap Tampil di 11 Hari Pameran IIMS 2023

Sementara Jakarta International Jewellery Fair sendiri selalu dinanti-nantikan pengemar perhiasan dan menjadi trendsetter desain terbaru perhiasan di Indonesia.

Terlebih untuk tahun 2023 sehingga desain-desain yang dikeluarkan oleh peserta itu adalah yang terbaru dan tentunya belum dapat di toko-toko.

Terkait desain perhiasan terbaru, tahun 2023 ini umumnya dipercantik dengan batu-batuan, misalnya penggabungan white gold, yellow gold dan rose gold dengan batu-batuan campuran dari batu permata, batuan lokal dari daerah dan juga silikon yang berwarna-warni.

Adanya variasi bebatuan tersebut menambah desain-desain perhiasan menjadi jauh lebih menarik.

Dalam pameran ini konsumen juga bisa mendapatkan produk-produk perhiasan berkualitas dengan harga bersaing serta memperluas wawasan tentang perhiasan yang diproduksi dengan teknologi terbaru, desain terkini, dan ciri khas etnik budaya yang tinggi.

Pameran perhiasan Jakarta International Jewellery Fair 2023 mempunyai kurang lebih dari 107 peserta yang di antaranya 67 peserta swasta, 10 peserta mesin & perangkat industri perhiasan dan 30 pengrajin IKM yang merupakan mitra-binaan Kementerian Perindustrian RI, Dinas Perindustrian & Perdagangan Provinsi DKI Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Perajin Perhiasan Mulai Hadirkan Ciri Khas Desain Etnik Budaya Lokal, https://www.tribunnews.com/lifestyle/2023/02/19/perajin-perhiasan-mulai-hadirkan-ciri-khas-desain-etnik-budaya-lokal

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pj Bupati Apriyadi Tiba-tiba Turun dari Mobil, Bantu Korban Kebakaran

Program P3DN serta Peran Pengawasan Inspektorat dalam Mendorong Percepatan Pelaksanaannya di Lingkungan Setkab