in

Imigrasi Palembang layani buat paspor orang sakit melalui ‘Sibangkit’

Palembang (ANTARA) – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan melakukan pelayanan pembuatan paspor bagi orang sakit melalui ‘Pelayanan Keimigrasian Bagi Orang Sakit (Sibangkit).

“Melalui inovasi layanan Sibangkit, petugas imigrasi siap melayani seluruh proses pembuatan paspor di rumah sakit atau di rumah masyarakat yang sedang sakit,” kata
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, baru-baru ini pihaknya melakukan pelayanan pembuatan paspor bagi masyarakat yang sedang menjalani rawat inap di Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang.

“Karena pemohon tidak memungkinkan untuk datang ke kantor imigrasi, sehingga kita lakukan pelayanan datang ke rumah sakit ” ujarnya.

Ridwan menjelaskan masyarakat mengajukan permohonan pembuatan paspor melalui ‘Sibangkit’ bertujuan untuk berobat ke luar negeri sesuai dengan rujukan dan rekomendasi dari dokter rumah sakit yang membantu pengobatan masyarakat yang sakit itu.

“Bagi masyarakat yang saat ini memerlukan pelayanan keimigrasian, namun terkendala karena sakit, jangan khawatir kita akan layani di tempat melalui Sibangkit,” ujar Ridwan.

Untuk mendapatkan layanan ini, keluarga pemohon yang sakit mengajukan permohonan secara tertulis kepada Kepala Kantor Imigrasi untuk meminta layanan ‘Sibangkit’ di rumah sakit dengan melampirkan surat rekam medis dan rujukan dokter rumah sakit agar petugas diperbolehkan untuk datang melakukan layanan di dalam rumah sakit sesuai protokol kesehatan.

Kegiatan pelayanan ‘Sibangkit, sejak Januari hingga Maret 2023 ini telah dilakukan lima kali pelayanan pembuatan paspor kepada masyarakat yang sakit.

Adapun layanan yang diberikan berupa layanan pengambilan biometrik sidik jari, foto dan wawancara kepada pemohon yang sedang sakit, kata Kepala Kantor Imigrasi Ridwan.

Sementara Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya mengatakan inovasi layanan bagi orang sakit (Sibangkit) merupakan wujud nyata komitmen pihaknya melalui Kantor Imigrasi untuk mempermudah masyarakat memperoleh dokumen keimigrasian.

“Saya mengapresiasi Kantor Imigrasi Palembang yang terus konsisten meningkatkan kualitas pelayanan dengan berbagai inovasi,” ujar Ilham.

Inovasi pelayanan keimigrasian bagi WNI yang dikembangkan Kantor Imigrasi Palembang selain ‘Sibangkit’ juga ada layanan keimigrasian di akhir pekan (Laksan), layanan keimigrasian ‘on the spot’ (Lakso), dan beri layanan tanpa jeda (Belida).

Kantor Imigrasi Palembang merupakan satuan kerja yang telah memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari KemenpanRB pada tahun 2021, dan pada 2023 ini pihaknya mendorong terwujudnya pembangunan zona integritas menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM), kata Kakanwil Ilham.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Makanan Indonesia Tuai Pujian di Festival Kuliner Internasional Qatar

Inilah Alasan Aktivis Nahdliyin Dukung Anies Presiden