in

Ini Penyebab Anda Sering Merasa Lelah Saat Beraktivitas

Rasa lelah yang muncul setiap saat menghambat produktifitas kerja via christophwallrafen.de

Lelah adalah suatu kondisi dimana kita mengalami penurunan energy setelah melakukan aktivitas yang padat. Entah itu karena pekerjaan di kantor, tugas – tugas kuliah, dan lain sebagainya.

Namun, jika anda sering merasa lelah atau bahkan setiap saat bisa jadi ada yang salah dari diri anda. Kurang tidur saja tidak menjadi satu – satunya alasan anda sering merasa letih.

Tentu hal tersebut akan mengakibatkan hari – hari anda jadi kurang produktif. Nah, berikut ini penyebab utama anda sering merasa kelelahan yang dilansir dari laman NHS Choice dan Health:

1. Kesehatan anda terganggu

Rasa lelah bisa disebabkan dari kesehatan tubuh anda yang tidak stabil. Kelelahan akibat kondisi medis ini seperti anemia, diabetes, masalah tiroid, rematik, hingga penyakit jantung.

Berat badan juga dapat mempengaruhi rasa lelah pada tubuh. Jika anda kelebihan berat badan, maka tubuh anda akan dipaksa untuk bekerja ekstra keras saat beraktivitas. Sedangkan anda yang terlihat kurus cenderung memiliki otot yang lemah yang menyebabkan cepat merasa lelah.

2. Jarang berolahraga

Ini yang menjadi kebiasaan kebanyakan orang di jaman sekarang.

Sebuah studi yang dilakukan di University of Georgia menyebut bahwa mereka yang berolahraga secara teratur minimal 20 menit dapat mengurangi rasa lelah dan letih.

Mulai dari sekarang biasakan diri anda untuk berolahraga. Olahraga akan membuat badan lebih segar dan bersemangat.

3. Psikologis yang bermasalah

Masalah psikologis ini sering menjadi penyebab seseorang merasa lelah atau letih.

Rasa cemas bisa menyebabkan seseorang mengalami insomnia yang mengakibatkan kurang tidur dan keesokan harinya tubuh akan mengalami penurunan performa yang membuatnya cepat lelah.

Kekhawatiran akan sesuatu yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab rasa lelah. Rasa khawatir terhadap pekerjaan, keuangan, cinta, dan sebagainya akan membuat pikiran anda terkuras memikirkan semua itu sehinga energi dalam tubuh pun ikut melemah.

4. Melewatkan sarapan pagi

Masih banyak orang yang melewatkan sarapan paginya sebelum beraktivitas. Padahal sarapan itu penting sekali untuk memberikan asupan energi saat anda beraktivitas.

Melewatkan sarapan pagi bisa menyebabkan berat badan naik. Hal itu karena ketika siang hari anda akan merasa sangat kelaparan dan mengkonsumsi makanan lebih banyak.

5. Kurangnya zat besi

Tubuh bila kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia yang membuat tubuh merasa lesu, lemas, dan tidak bertenaga. Sel dan jaringan yang ada di dalam tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Hal itu juga yang memicu menurunnya konsentrasi dan focus.

Anda perlu mengkonsumsi seperti daging, kacang merah, tahu, telur, sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, dan lainnya agar zat besi tubuh anda terpenuhi.

6. Kurang minum air putih

Kurang mengkonsumsi air putih setiap harinya akan membuat anda dehidrasi. Dehidrasi akan menurunkan kadar energi dalam tubuh, sehingga muncul rasa lelah dan letih.

Jika tubuh kekurangan cairan akan menimbulkan penyakit lainnya seperti infeksi kandung kemih, kencing batu, penyakit ginjal, dan lainnya.






kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by Julliana Elora

Film ini Cocok Menemani Bulan-Bulan terakhir Tahun 2017

Manfaatkan Dana Wira Usaha Pemula