in

Inovasi dan Kolaborasi, Dr Heny Kibarkan Bendera BSMI Wilayah Sumatera Barat

Ketua DPN BSMI M Djazuli Ambari serahkan bendera BSMI Wilayah Sumbar kepada Dr Fitria Heny, masa bakti 2024-2028 mendatang.

PADEK.CO—DPN BSMI melantik pengurus Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Sumatera Barat dan BSMI Cabang Kab/Kota se-Sumatera Barat, Ahad (15/10). Terpilih sebagai Ketua BSMI Wilayah Sumbar 2023-2028, Dr Fitria Heny– aktifis BSMI yang sebelumnya Sekretaris BSMI Sumbar.

Istimewanya acara itu dihadiri oleh Ketua DPN BSMI M Djazuli Ambari, Sekum DPN BSMI Muhammad Rudi, Kadinsos Sumbar Arry Yuswandi, BPBD Sumbar, PPNI Padang, Kogami, Baznas Sumbar, PWNU Sumbar, Himpsi Sumbar, FPRB Sumbar, Muhammadiyah Sumbar, IAI Padang, dan Prokami Sumbar.

Wanita yang biasa dipanggil dr Heny ini mengatakan, ia bersama pengurus dan penasehat BSMI Sumbar akan bekerja dengan visi ‘Inovasi dan Kolaborasi’. Dan tagline BSMI adalah, Selamatkan Satu Jiwa, Sambung Seribu Asa.

“Kejadian bencana di Sumatera Barat diprediksi akan terus terjadi dengan jumlah dan dampak yang semakin luas dan besar. Oleh karena itu, perlu disiapkan berbagai inovasi baru serta perlu adanya kolaborasi antar-elemen masyarakat dan pemerintah. Kita tidak bisa bekerja sendiri, bekerja sendiri tidak akan menghasilkan hasil yang optimal,” ungkap dr Heny kepada wartawan.

Kadinsos Sumbar Arry Yuswandi, mengamininya. Ia mengatakan bahwa Pemerintah tidak akan sanggup bekerja sendiri. Kontribusi masyarakat dalam penanganan risiko bencana, sangat dibutuhkan.

“BSMI sebagai salah satu elemen organisasi kemanusiaan, telah banyak berkontribusi di Ranah Minang. Setiap ada kejadian bencana, BSMI selalu terdepan dalam memberikan layanan. Gempa 2009, Gempa Pasaman/Pasaman Barat, bahkan Gempa Palu dan Sulawesi Barat pun, BSMI ikut serta. BSMI telah mengharumkan nama Sumatera Barat dengan kiriman 1 ton rendangnya untuk korban Gempa Palu dan Sulawesi Barat,” ungkap Arry.

Ketua DPN BSMI, M Djazuli mengharapkan BSMI Sumbar semakin kokoh dan kinerja baiknya terus dipertahankan. “BSMI Sumbar salah satu wilayah yang menjadi andalan BSMI. Di sini sumberdaya manusianya hebat-hebat dan kerja sama antar-elemen organisasi kemanusiaan, sangat erat.

‘’Kami menaruh harapan besar kepada dr Heny selaku Ketua BSMI Sumbar untuk dapat menyelenggarakan berbagai event pembinaan untuk BSMI cabang se-Sumatera Barat dan meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah dan organisasi kemanusiaan yang ada di Sumatera Barat. Sinergisitas vertikal dan horizontal harus terus dijaga,” ujar Djazuli.

Terpisah, Ketua Panitia, dr Anfal Kaifa, mengatakan bahwa kegiatan pelantikan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan pengukuhan pengurus BSMI Sumbar. Kegiatan sudah berlangsung sejak kemarin dengan kegiatan Diklat PIM bagi calon Pengurus dan Relawan BSMI.

“Setelah pengukuhan, dilaksanakan Seminar Remaja bertema Selamatkan Satu Jiwa Sambung Seribu Asa yang diikuti siswa SMA/SMK,” ujar dr Anfal. (hsn)

Susunan Pengurus Bulan Sabit Merah Indonesia Sumatera Barat 2023-2028

Penasihat: Gubernur Sumatera Barat, Pakar gempa BNPB Dr Badrul Mustafa DEA, Ns Budhi Mulyadi Dt Bandaro Sati SKep MKep SKep-Kom, Yosritzal PhD, dan drg Harfindo SpBM.

Ketua : dr Fitria Heny

Sekretaris : dr. Widya Deli Satuti SpPD

Wakil Sekretaris : Fadrizali SKM

Bendahara : Oktaviani AMd.Ak

Bidang SDM (Dept. Diklat, BSMR, dan Bina Relawan)

Koordinator : dr. Aris Albirru Amsal, M.Ked (Kardio), SpJP

Anggota : dr. Mangaraja Victor, M. Akmal Ahmad, SSi

Bidang Pendidikan dan Yankes (Dept. Pendidikan Kesehatan dan Pelayanan Kesehatan)

Koordinator : dr Resti Rahmadika Akbar MPd.Ked

Anggota : dr Rhandyka Rafli Sp.Onk.Rad, dr Nana Liana SpPA

Bidang Tanggap Bencana dan Logistik (Dept. Tanggap Bencana dan Logistik)

Koordinator : Reinny Patrisina, PhD

Anggota : dr. Sari Ramadhani, dr Muhammad Ridho BilHaq

Bidang Humas, Media, dan Hukum (Dept. Humas, Media, dan Hukum)

Koordinator : dr Zirda Chairiani

Anggota : Nadya Aulia SE, Hadian Taufik SSi

What do you think?

Written by Julliana Elora

5 Alternatif YouTube to MP3 Converter yang Layak Dicoba

Puluhan Koleksi Berharga Manuskrip Kuno Minangkabau Dipamerkan di Arena ICHF 2023