in

Ipang Wahid : Advertising Harus Kenal DNA Daerah

Iklan, seharusnya mengenali daerah tempat pemasarannya. Perlu juga penekanan pada informasi tentang produk dan pendekatan emosi masyarakat. “Selain itu diperlukan juga kreatifitas seperti humor, musik ringan. Jangan asal menentukan slogan dalam komunikasi, tentukan dulu apa DNA (inti) dari perusahaan atau daerah yang akan di branding,” sebut Ipang Wahid di Hotel Bumi Minang, Kota Padang, Sumatera Barat.  

Hal itu disampaikannya dalam materi “Kunci Kesuksesan Branding dan Distribusi Iklan” melalui kuliah umum di Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (MM-FE Unand) dengan peserta hampir 250 orang. Ketua Pokja Ekraf Komite Ekonomi Industri Nasional RI, Ipang Wahid juga memaparkan model komunikasi sistem partisipatif dengan melibatkan KOL (Key Opinion Leader) dalam distribusi komunikasi perusahaan ataupun daerah. 

Ipang Wahid merupakan pakar branding dan industri kreatif. Keponakan kandung Presiden RI ke 4 Abdurahman Wahid, ini membidani 500 iklan berkualitas di Indonesia, dengan perusahaan ternama seperti Garuda dan Telkomsel, seperti RCTI OK, Internet goes to school, dll.

Kegiatan kuliah umum “Peranan Integrated Marketing Communication di Era Digital” merupakan satu dari berbagai kegiatan yang diangkat MM-FE Unand. Dalam dua bulan terakhir, MM-FE Unand telah mendatangkan dosen tamu praktisi seperti, Donny Oskaria MBA yang sekarang ini menjabat sebagai Komisaris Maskapai Garuda Indonesia, CEO Transcorp di bidang hospitality, juga Ketua Pokja Pariwisata Komite Ekonomi Industri Nasional Republik Indonesia. 

Magister Manajemen FE Univ Andalas – sebagai salah satu prodi S2 Manajemen yang telah terakreditasi A, MM pertama yang terakreditasi A di luar pulau Jawa thun 2013. MM Unand saat ini telah bergabung dengan APMMI (Asosiasi Prodi Magister Manajemen Indonesia) dan FKMM, telah pernah mendapatkan ISO 9001: 2008. Saat ini prodi MM Unand dalam proses mendapatkan akreditasi internasional ABEST 21.  

“Untuk mencapai visi MM Unand dalam menghasilkan lulusan profesional yang memiliki keahlian manajerial yang tinggi, upaya berkelanjutan terus dilakukan pengelola,” jelas Dr. Sari Lenggogeni, SE, MM, sekretaris prodi Magister Manajemen FEUA mewakili pimpinan MM FE Universitas Andalas. 

Lulusan University of Queensland Australia pada pembukaan acara itu menyebutkan kuliah umum, bertujuan meningkatkan value pada input, proses dan output lulusan MM FEUA, seperti melalui dosen tamu dan kuliah umum langsung dengan pakar dibidangnya

Acara dilaksanakan di hotel bumi Minang Padang dan dihadiri Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Dr Yuliandre Darwis, Dinas Pariwisata Provinsi, beberapa Dekan FE Universitas di Sumatera Barat, Perwakilan Semen Padang, Mitra Kerinci, AMP Plantation dan beberapa perusahaan kreatif lainnya di Sumbar. Kegiatan berlangsung sukses dan meriah serta diikuti antusias oleh seluruh peserta.

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Dewan Akui Pulau Setunak Tak Tersentuh Pembangunan

Jokowi Turun Gunung Pimpin Komite Nasional Keuangan Syariah