in

ITP Olah Air Embung Rusunawa Asrama Polisi Lolong jadi Air Bersih

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono didampingi Rektor ITP Hendri Nofrianto melihat hasil pengolahan air embung Rusunawa Aspol Lolong menjadi air bersih.

PADEK.CO Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono meresmikan alat pengolahan limbah air bersih produk Institut Teknologi Padang (ITP) di Rusunawa Aspol Lolong, Senin (19/6).

Rektor ITP Dr. Hendri Nofrianto mengatakan pengolahan air bersih di Rusunawa Aspol Lolong ini dengan memanfaatkan kolam polder.

Menurutnya, pengolahan air limbah embung di Rusunawa Aspol Lolong ini berawal dari permintaan Karolog Polda Sumbar. Bagaimana air embung tersebut bisa diolah menjadi air bersih agar bisa dimanfaatkan oleh penghuni asrama dan masyarakat.

”Atas permintaan pak Karolog, kita lalu membuat alat pengolah air bersih untuk Rusunawa Aspol Lolong ini,” kata Hendri Nofrianto.

Dijelaskan, alat pengolahan limbah air bersih yang dibuat ITP ini bukan di Rusunawa Aspol saja. Dua tahun lalu, ITP juga mengirim alat ini ke Kecamatan Pancungsoal, Kecamatan Pessel. Hanya saja, air yang dipakai di Pancungsoal tersebut adalah air payau dan air sungai yang diolah menjadi air bersih. Selain itu, alat ini juga dipasang di Bukittinggi.

”Bedanya di sini (embung Rusunawa, red) kita mencoba mengkombinasikannya dengan memanfaatkan energi matahari. Jadi energi matahari itulah nantinya untuk mensupport jalannya motor yang ada di dalam pompa air bersih,” tutur Hendri Nofrianto.

Ia mengungkapkan, satu pompa air bersih mendapatkan volume atau debit 1.800 liter per jam atau sekitar 1,8 meter kubik.

”Di rusunawa ini ada 4 alat yang terpasang. Itu yang akan dimanfaatkan oleh para penghuni rusunawa dan masyarakat sekitar,” jelas Hendri.

Lebih jauh Hendri mengatakan, pemanfaatan air bersih ini hanya untuk MCK, karena kajiannya belum sampai untuk diminum.

Sementara itu, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono mengapresiasi alat pengolah air bersih hasil karya ITP tersebut.

Kapolda berharap, alat pengolah air bersih ini dapat memberi manfaat bagi penghuni asrama dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih. (eri)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Sertifikatkan Tanah via Program PTSL, Masyarakat Diharapkan Taat Bayar PBB

Walinagari Sungai Nyalo, Apresiasi Pelatihan Budidaya Ikan Kerapu, Bantu Ekonomi Masyarakat