in

Jabatan Hendri Septa Berakhir 31 Desember, DPRD Usul 3 Nama Pj Wako Padang

PADEK.JAWAPOS.COM-Jabatan Wali Kota Padang Hendri Septa dan Wakil Wali Kota Ekos Albar akan berakhir 31 Desember 2023. Untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, DPRD mengusulkan tiga nama Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang kepada Kemendagri, Senin (4/12/2023).

Pj Wali Kota terpilih nantinya akan memimpin Kota Padang hingga dilantiknya wali kota defenitif hasil Pilkada Serentak yang dijadwalkan berlangsung 27 November 2024.

Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani Datuk Rajo Jambi menjelaskan bahwa pada Sabtu (2/12/2023), DPRD telah menggelar rapat pimpinan diperluas bersama ketua fraksi. Kesimpulan rapat itu, diminta masing-masing fraksi untuk mengusulkan nama-nama calon Pj Wali Kota Padang.

Usulan fraksi tersebeut paling lambat diserahkan pada Senin, 4 Desember 2023 pukul 10.00 WIB. “Alhamdulillah, usulan fraksi sudah kami terima tepat pada waktunya,” ujar Syafrial Kani usai rapat pimpinan diperluas dengan ketua fraksi-fraksi di DPRD Kota Padang.

Menurut Syafrial Kani, ada tiga usulan nama calon Pj Wali Kota Padang yang disampaikan fraksi-fraksi di DPRD Kota Padang, yaitu Andree Harmadi Algamar, yang saat ini menjabat Sekretaris Kota Padang, lalu Rosail Akhyari Pardomuan menjabat Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Sumbar, dan Hendrizal Azhar, Sekretaris DPRD Padang.

“Kami menggelar rapat pimpinan yang diperluas untuk menindaklanjuti surat dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri),” kata Syafrial Kani.

Pengusulan tiga nama tersebut, katanya, sesuai dengan kewenangan DPRD berdasarkan regulasi yang ada. “Kami memiliki hak mengusulkan Pj Wali Kota,” tambahnya didampingi Wakil Ketua Arnedi Yarmen fan Amril Amin, Ketua Fraksi Partai Gerindra Mastilizal Aye, Ketua Fraksi Partai Demokrat Surya Jufri Bitel dan Sekwan Hendrizal Azhar.

Nama-nama yang diusulkan itu, kata Syafrial Kani lagi, langsung diserahkan ke Kemendagri. “Kita berharap, hasilnya ke luar dalam waktu dekat karena terhitung 31 Desember 2023 masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang berakhir. Artinya apa, per 1 Januari 2024, harus sudah ada  Pj Wali Kota Padang,” imbuhnya.(eri)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Elnusa Petrofin dan Padang Ekspres Gelar Workshop Literasi Untuk Guru dan Mahasiswa

Tahun 1830 Marapi Pernah Keluarkan Awan Berbentuk Kol, 60 Orang Meninggal Tahun 1979