in

Jaga Kesehatan saat Musim Hujan

Saat musim hujan, sistem kekebalan tubuh menjadi rentan terserang sejumlah penyakit, apalagi jika tidak menjaga pola hidup sehat. Beberapa peyakit yang sering menyerang pada musim hujan diantaranya ialah demam, anemia, flu, dan masih banyak lagi.
Cuaca ekstrem yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia, membuat masyarakat lebih waspada khususnya soal kesehatan. Apalagi, saat ini kita harus menjaga imunitas agar terhindar dari virus covid-19.
Tentu saja karena berada pada musim yang berbeda, cara menjaga daya tahan tubuh juga akan menyesuaikan. Jika biasanya hobi memakai baju tipis, pada musim hujan kamu perlu menggunakan pakaian tebal dan jika perlu dibuat berlapis agar tubuhmu selalu hangat.
Tentu saja hal ini perlu kamu perhatikan agar perubahan kondisi cuaca dan adanya wabah tidak membuat tubuhmu menjadi rentan terkena penyakit. Untuk itu, kamu perlu tahu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh di musim hujan.
Lantas apa yang harus dilakukan, untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah cuaca ekstrem seperti hujan deras. berikut ini minuman dan makanan yang perlu dikonsumsi saat keadaan tersebut:
Banyak Mengonsumsi Air Putih
Pertama, cara menjaga sistem kekebalan tubuh di musim hujan diawali dengan rajin mengonsumsi air putih. Kamu pasti tahu bahwa air putih atau air mineral menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Oleh sebab itu, di musim hujan yang rentan terserang penyakit, kamu harus memperkuat sistem imun dengan banyak mengonsumsi air putih.
Mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak dapat menjaga metabolisme tubuh serta mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Jika bosan dengan air putih, sesekali kamu bisa mengonsumsi teh jasmine, green tea, dan minuman lain yang menyehatkan.
Memerhatikan Pola Makan
Saat membicarakan daya tahan tubuh, pasti juga tidak lepas dari pengaruh asupan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Tentu saja selain rajin mengonsumsi air putih dan olahraga yang teratur, kamu juga perlu asupan nutrisi untuk meningkatkan sistem imun tubuh.
Untuk itu, kamu perlu selektif dalam memilih atau membeli makanan saat musim hujan. Pastikan kamu mengonsumsi makanan bervitamin, seperti sayur dan buah-buahan. Jika ingin membeli makanan, maka pastikan juga bahwa kamu membeli makanan ditempat yang bersih dan higienis. Jika sampai salah makan, diare akan menjadi ancaman di musim hujan.
Minum Cokelat Panas
Di dalam cokelat terdapat kandungan asam amino argini sangat penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu juga diketahui berperan dalam pengendalian berat badan dan juga bermanfaat untuk hati. Minum satu gelas cokelat hangat saat hujan tiba, akan membantu menjaga kesehatan dan juga suasana hati.
Mengonsumsi Jeruk
Vitamin C merupakan antioksidan terbaik untuk daya tahan tubuh. Perbanyak asupan vitamin C dengan mengonsumsi jeruk, jambu biji, stroberi, brokoli juga pepaya. Mencukupi kebutuhan vitamin C akan menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan.
Jus jeruk penuh dengan nutrisi pendukung kekebalan, termasuk vitamin C. Memilih jus jeruk yang diperkaya dengan vitamin D memberikan beberapa dukungan kekebalan ekstra, karena asupan nutrisi ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko infeksi saluran pernapasan, termasuk flu.
Minum Teh
Minum secangkir teh hangat saat cuaca ekstrem tiba, cukup dianjurkan lho. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School menunjukkan, bahwa sistem kekebalan peminum teh dapat merespons lima kali lebih cepat terhadap kuman, dibandingkan dengan mereka yang minum kopi. Selain itu, teh juga dapat menjaga kekebalan serta menghangatkan tubuh saat cuaca dingin.
Menjaga Kebersihan Lingkungan
Terakhir, cara menjaga sistem kekebalan tubuh di musim hujan yang perlu kamu perhatikan ialah kebersihan lingkungan tempat tinggal maupun tempat kamu beraktivitas sehari-hari. Jika tidak dijaga kebersihannya, maka kamu akan mudah terserang beragam penyakit karena lingkungan yang tidak bersih rentan terhadap berbagai sumber penyakit, seperti bakteri dan virus.
Kamu perlu rajin membersihkan halaman rumah dan memastikan kondisi rumahmu selalu dalam keadaan rapih dan juga bersih. Jika kamu sibuk, ada alat pembersih kekinian yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat pekerjaan membersihkan rumah menjadi lebih ringan.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tarian Milik  KPD Sondok Piyogo Diusulkan Ke BPNB Sumatera Barat , Untuk Disiarkan Keseluruh TV Nasional

Polres Musi Banyuasin tembak mati seorang bandar narkoba