in

Jajanan Tradisional ini Punya Cara Makan yang Unik

Jajanan tradisional senantiasa memiliki ke-khas-an yang tidak jarang hingga “cetar membahana”. Keberadaannya di tengah dunia kuliner yang semakin beragam, jajanan tradisional tetap mendapat tempat tersendiri di hati para penggemar. Banyak hal unik dan menarik dari berbagai jajanan tradisional di sekitar kita. Mulai dari bahan, bentuk, rasa hingga kemasan yang unikpun ada. Nah, tahukah kamu bahwa ada juga jajanan tradisional yang selain unik bentuknya, jajanan ini juga punya cara unik untuk memakannya.

Jajanan tradisional ini berbahan baku tepung beras, gula jawa, santan dan rempah-rempah. Cetakan sekaligus pembungkus dibuat dari dari daun kelapa muda (bahasa jawa : janur) yang dipilin memutar. Cara memasaknya yaitu dengan dikukus hingga matang. Sedangkan untuk mengkonsumsi, harus menunggu dingin terlebih dahulu. Tahukah kamu apa nama jajanan tradisional ini?

Kemasan dan Cara Makannya : Unik!

Yup, Betul! Jajanan tradisional ini adalah “Clorot”. Jajanan khas asal Purworejo ini tentu sudah sangat tidak asing bagi masyarakat Purworejo sendiri. Tapi bagi masyarakat kebanyakan yang belum pernah melihat atau bahkan mengkonsumsi clorot, dari bentuk produknya saja pasti sudah menarik.

Clorot Khas Purworejo

Yang membuat berbeda dari jajanan tradisional kebanyakan, clorot punya cara makan yang berbeda dan unik. Cara makan inilah yang sering menjadi bahan candaan pada orang yang baru pertama kali tahu dan makan clorot. Pada umumnya, ketika mengkonsumsi jajanan tradisional, orang akan dengan mudah mengikuti atau mengetahui cara membuka kemasannya karena cenderung bersifat standar atau umum. Tapi hal itu tidak berlaku untuk clorot.

Cara membuka clorot yang salah

Nah, untuk urusan membuka clorot, inilah yang suka bikin geli dan jadi bahan candaan. Untuk kamu yang baru pertama kali makan clorot, pasti akan membuka pembungkusnya dengan melepas janur dari uliran sisi atas clorot. Kalau itu yang kamu lakukan, siap-siap deh orang-orang di sekitar kamu akan tertawa dan berseloroh lepas. Bukannya dikerjain, tapi memang cara membuka bungkusnya itu yang salah dan bikin ketawa.

Salah Membuka Diketawain, Sudah Benar : Siap-siap Tertawa Sendiri!

Ketika tadi membuka bungkus clorot salah, orang orang di sekitar kamu akan tertawa. Lalu bagaimana saat kamu sudah betul cara membuka bungkusnya? Hati-hati dan bersiaplah kamu sendiri yang akan dibuat tertawa saat tahu cara membuka clorot yang benar dan mempraktekannya. Bisa jadi saat pertama kali mencoba membuka dengan cara yang benar, kamu tidak langsung berhasil dan harus mencoba beberapa kali. Sangat berbeda dengan jajanan tradisional yang lain, clorot memang memiliki cara membuka pembungkus yang berbeda, bikin geli dan unik.

Cara membuka clorot

Pengen tahu caranya? Pertama kamu harus pegang clorot melingkar secara penuh dengan tangan kiri. Utamakan bagian atas clorot yang tertutup dan biarkan bagian bawah clorot yang cenderung meruncing. Lalu gunakan tangan kanan kmu untuk mendorong bagian bawah clorot ke atas. Alhasil, pada bagian atas janur pembungkus, clorot akan keluar sedikit. Semakin banyak kamu dorong bagian bawah, clorot akan keluar lebih panjang dari bagian atas hingga habis.

Dan tarrraa….kamu akan mendapatkan uliran pembungkus clorot yang tadinya panjang akan memendek. Adapun clorotnya, sudah pasti akan habis kamu makan karena rasanya yang enak. Buat kamu yang penasaran dan belum pernah memakan clorot khas Purworejo ini, bisa datang ke pasar di berbagai wilayah di Purworejo. Atau coba datang saja ke pasar tradisional di kota kamu. Siapa tahu ada orang asli Purworejo yang menekuni usaha produksi clorot di kota kamu. Semoga rasa penasaran kamu bisa terobati dan lebih membuat kamu tersenyum dengan clorot yang ‘serba unik’ ini.

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by virgo

Komnas Pendidikan Kontrol Kebijakan Pendidikan

Andra The Backbone pukau pengunjung “Beautiful Malino”