in

Jelang Tahun Ajaran Baru, Pengurusan Adminduk di Agam Meningkat

AGAM, METRO – Pengurusan dokumen kependudukan di Kabupaten Agam meningkat dari hari biasa. Karena tingginya kebutuhan adminduk jelang tahun ajaran baru. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Agam, Misran Jumat (21/6) mengatakan, kondisi peningkatan ini terjadi sejak Senin (18/6).

Bahkan peningkatan pengurusan adminduk cukup signifikan, mulai dari kartu keluarga, akta kelahiran, surat pindah dan lainnya.

”Hari biasa rata-rata kita hanya menerbitkan 94 lembar kartu keluarga per hari, akta kelahiran 48 lembar, surat pindah 21 lembar dan akta kematian enam lembar,” ujar Misran.

Namun, jelang masuknya tahun ajaran baru, kata Misran kartu keluarga meningkat jadi 185 lembar per hari, surat pindah 67 lembar, akta kelahiran 67 lembar dan akta kematian 12 lembar.

Disebutkan, tahun ajaran baru jadi momen bagi warga mengurus adminduk, karena menjadi kebutuhan masuk sekolah bagi anak-anak. “Pada umumnya kartu keluarga dan akta kelahiran diterbitkan untuk keperluan masuk sekolah,” sebutnya.

Tidak hanya itu, ada juga warga yang mengurus adminduk untuk persiapan mencari pekerjaan.

Ditambah lagi info beredar ada penerimaan CPNS. Mengingat tingginya kebutuhan adminduk, Misran meminta petugas untuk melayani dengan baik dan ramah, tanpa ada keluhan dari warga yang berurusan.

”Pengurusan cepat dan bisa ditunggu tanpa dipungut biaya,” pungkasnya. (pry)


What do you think?

Written by virgo

Gus Mus: Banyak yang Mengira Halal bi Halal Produk Arab

Iko Uwais ungkap perbedaan syuting di Hollywood dan Indonesia