in

Kamu Kurang Tidur? Jangan Lakukan Hal Berikut ini, Bahaya!

Orang-orang yang tidur di akhir pekan mendapat manfaat dari pemulihan ringan tetapi efeknya hilang begitu mereka kembali ke pola normal mereka.

Jika kamu sedikit tidur minggu ini, jangan berharap pada akhir pekan untuk menebusnya.

Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa tidur di akhir pekan tidak memberikan kompensasi untuk setiap jam tidur yang hilang dalam seminggu.

Para peneliti dari Laboratorium Tidur dan Chronobiologi mempelajari sekelompok orang dewasa selama dua minggu untuk melihat efek tidur pada waktu yang berbeda dalam seminggu.

Mereka menemukan bahwa mereka yang tidur tidak lebih dari lima jam selama lima hari sebelum dua hari tidur selama yang mereka sukai, memperoleh apa-apa dibandingkan dengan mereka yang mengikuti pola tidur yang lebih lama dan lebih terstruktur.

Temuan menunjukkan bahwa orang yang tidur di akhir pekan dapat mengambil manfaat dari pemulihan ringan tetapi efeknya hilang segera setelah mereka kembali ke pola normal kurang tidur selama minggu kerja.

“Temuan kami menunjukkan bahwa perilaku umum membakar lilin selama seminggu dan mencoba menebusnya pada akhir pekan bukanlah strategi kesehatan yang efektif,” kata Kenneth Wright, direktur Sleep and Chronobiology Lab, dan penulis senior makalah, diterbitkan dalam Current Biology.

“Bisa jadi bahwa yo-yoing bolak-balik – mengubah waktu kita makan, mengubah jam sirkadian kita dan kemudian kembali ke tidur yang tidak mencukupi – secara unik mengganggu.”

Orang yang tertidur diuji terhadap kelompok kedua yang diinstruksikan untuk tidur sembilan jam setiap malam selama sembilan hari, dan kelompok ketiga disuruh tidur hanya lima jam semalam, dengan asupan makanan dan paparan cahaya mereka terus dipantau.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berada dalam kelompok terbatas tidur memiliki kecenderungan untuk ngemil lebih banyak di malam hari, karena itu menambah berat badan dan mengalami penurunan sensitivitas insulin – kelompok yang tidur di akhir pekan mengurangi ngemil mereka selama dua hari.

“Pada akhirnya, kami tidak melihat manfaat apa pun pada hasil metabolisme pada orang yang tidur di akhir pekan,” kata Chris Depner, penulis utama.

Secara total, kelompok pemulihan akhir pekan hanya berhasil mendapatkan tidur tambahan rata-rata 66 menit, sementara laki-laki pulih lebih banyak dari mereka.

Menurut NHS, satu dari tiga orang di Inggris menderita kurang tidur. Kebanyakan orang membutuhkan sekitar delapan jam tidur berkualitas baik malam untuk berfungsi dengan baik di siang hari.

Artikel Trending Saat ini : 

Tags: Bahaya, Bahaya Tidur, Bahaya Tidur Di Pagi Hari, Kesehatan, Kesehatan Tubuh, Tips Menjaga Kesehatan Tubuh, Tips Menjaga Kesehatan, Viral, Berita Viral, News, Update News, Health, Healthy, Heboh, Info, Info Unik, Wow

Loading…

What do you think?

Written by Julliana Elora

Aku Adalah Hujan, Jika Kamu Tidak Suka Tidak Apa Silahkan Berteduh

Tingkatkan Indeks Literasi, Budayakan Minat Baca Anak