in

Kapolri Tunjuk Toni Harmanto jadi Kapolda Jatim, Suharyono Kapolda Sumbar

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo langsung mengeluarkan surat telegram (TR) pembatalan Irjen Pol Teddy Minahasa yang sebelumnya dimutasi dari jabatan Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) menjadi Kapolda Jawa Timur (Jatim).

Teddy Minahasa yang diamankan Div Propam Polri karena terjerat kasus narkoba, dalam surat telegram (TR) yang baru Nomor: ST/2223/X/KEP/2022 tertanggal 14 Oktober 2022 menjadi Perwira Tinggi Pelayanan Markas (Pati Yanma) Polri.

Kapolri menggantinya dengan Irjen Pol Toni Harmanto yang kini menjabat Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel). Sebelum mutasi ke Sumsel, Toni menjabat Kapolda Sumbar.

“Irjen Pol Drs. Toni Harmanto MH NRP 65100566 Kapolda Sumsel Diangkat dalam Jabatan Baru Sebagai Kapolda Jatim,” tulis TR terbaru Polri, Jumat (14/10/2022).

Sebelumnya, saat konferensi pers di Mabes Polri, Jumat (14/10/2022), Sigit menyebutkan bahwa TR mutasi Irjen Teddy Minahasa jadi Kapolda Jawa Timur (Jatim) dibatalkan.

“Terkait dengan posisi Irjenpol TM yang kemarin baru saja kita keluarkan TR untuk mengisi Polda Jatim, hari ini saya akan keluarkan TR pembatalan. Kita ganti dengan pejabat yang baru,” kata Sigit Prabowo.

Sementara itu, jabatan Toni sebagai Kapolda Sumsel ditempati Irjen Albertus Rachmad Wibowo yang sebelumnya menjabat Kapolda Jambi. Posisi Kapolda Jambi yang ditinggalkan Albertus akan dijabat Irjen Pol Rusdi Hartono yang dalam TR sebelumnya ditunjuk sebagai Kapolda Sumbar.

Sedangkan jabatan Kapolda Sumbar ditempati oleh Irjen Suharyono yang sebelumnya perwira tinggi di Bareskrim Polri yang bertugas menjadi penyidik utama Otoritas Jasa Keuangan (OJK).(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Politeknik Siti Nadhira Bakal Hadir, Gratis Untuk Yatim & Anak Tidak Mampu

Begini Akhir Cerita Perkelahian Antarpelajar Yang Videonya Viral