in

Kebakaran Hutan di Silaut, Siapa Yang Bertanggung Jawab dan Siapa Yang Disalahkan ?

PESSEL METRO–Kebakaran areal hutan HPK di Pasir Jenjang, Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan, hingga sampai saat ini petugas berjibaku memadamkan si jago merah.

Lokasi kebakaran yang sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat, ditambah lokasi bergambut membuat tantangan bagi petugas gabungan untuk memadamkan api.

Tiupan angin ditambah kondisi cuaca cukup panas, serta lahan gambut yg muda terbakar. Juga menjadi tantangan tersendiri bagi petugas di lapangan.

Diketahui, lokasi areal kebakaran sendiri berada di areal hutan HPK, bersebelahan HGU PT.Sapta Sentosa Jaya Abadi. Tentunya, kebakaran hutan ini menjadi tanda tanya besar, apa penyebeb kebakaran, siapa yang bertanggung jawab dan siapa yang disalahkan.

Kapolres Pessel AKBP. Novianto Taryono, SH.S.IK.M.H melalui Kapolsek Silaut AKP. Advianus, dikutip dari keterangan resmi Humas Polres Pessel, Kamis (25/5/2023) pukul 11.00 Wib.

Dalam relis humas Polres Peseel, tim gabungan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatra Barat, BPBD Pessel, Forkopimca Kecamatan Silaut, personil Polsek Lunang Silaut, Babinsa wilayah Silaut dan pihak perusahaan PT. Sapta Sentosa Jaya Abadi Pasir Jenjang Kec Silaut masih melakukan pengecekan dan membantu memadamkan titik api.

Untuk ttitik api di areal hutan HPK di pasir jenjang Kecamatan Silaut, dimana bersebelahan dengan kebun PT. Sapta Sentosa Jaya Abadi Pasir jenjang kecamatan Silaut arah ke tepi pantai dengan peralatan yang di bawa oleh tim BPBD Pessel dan peralatan pemadam api dari PT. Sapta sentosa jaya abadi pasir jenjang, Kecamatan Silaut.

” Peralatan yang digunakan oleh dalam memadamkan api antara lain, Pulfing Pum (Pompa Apung) 3 Unit , 4 unit Ministrek ( Pompa kecil) , Mesin pompa TOHATSU 2 unit dan Alat excavator 2 unit,” terang kasi Humas Polres Pessel.

Adapun tim gabungan yang turut membantu memadamkan api di lokasi kebakaran hutan HPK, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatta Barat sebanyak 19 orang, dinas BPBD Pessel sebanyak 9 orang,
Kapolsek Lunang Silaut beserta 4 orang anggota, Camat Silaut beserta 2 orang Staf Babinsa Wilayah Silaut sebanyak 2 orang, dan kariawan PT. Sapta Sentosa Jaya Pasir Jenjang Silaut sebanyak 28 orang.

Pemadaman api oleh tim gabungan tersebut diberhentikan sekira pukul 18.00 Wib, dan akan kembali dilanjutkan besok hari, dari hasil update sememtara untuk titik panas di lokasi kebakaran masih terdapat 8 Titik namun saat ini untuk api besar sudah tidak ada, tapi kepulan asap dari bekas kebakaran karena lahan yang merupakan lahan gambut masih terlihat asap yang keluar dari dalam tanah.

Dari hasil pemantauan tim dilapangan jumlah lahan yang sudah terbakar lebih kurang 100 Ha. ( Rio)

What do you think?

Written by virgo

FKI Sumsel Sumsel Sukses Gelar Latihan Perdana di Lapas Perempuan Palembang

Standar Pelayanan Pembinaan Jabatan Fungsional Penerjemah