in

Kekayaan 100 Orang Terkaya China Turun 39%, termasuk Owner Tiktok & Xiaomi

Robin Zeng, produsen baterai kendaraan listrik terbesar di dunia CATL, berada di urutan ke-3 lagi dalam daftar tahun ini dengan kekayaan bersih USD28,9 miliar, turun 43% dari USD50,8 miliar tahun lalu. (Foto: Reuters)

Kemerosotan ekonomi, politik, dan pandemi China Daratan telah berkontribusi pada penurunan kekayaan terbesar di sana sejak Forbes mulai menelusuri orang-orang terkaya di negara itu lebih dari dua dekade lalu.

Kekayaan gabungan dari 100 orang terkaya China anjlok 39% menjadi USD907,1 miliar dari USD1,48 triliun dalam daftar tahun lalu. Dari 100 nama dalam daftar, 79 di antaranya turun, 12 orang yang pulih, empat orang mengalami perpecahan, tiga orang baru, dan hanya dua orang yang semakin kaya.

Kekayaan juga turun di tengah kekhawatiran tentang kebijakan dalam politik China setelah Kongres Partai Komunis pada Oktober, dan lebih dari 12% akibat jatuhnya nilai yuan terhadap dolar AS pada tahun lalu.

Dua metrik utama mengalami kerugian besar: indeks saham acuan CSI 300 China daratan turun lebih dari seperempat nilainya sejak daftar terakhir muncul, sementara Indeks Hang Seng Hong Kong bernasib lebih buruk, terjun hampir 41%.

Tempat No. 1 tahun ini dipegang lagi oleh Zhong Shanshan, pemasok air minum dalam kemasan top China Nongfu Spring. Di antara penurunan dramatis banyak orang, kekayaan Zhong bernasib relatif baik, turun hanya 5% menjadi USD62,3 miliar dari USD65,9 miliar tahun lalu.

Zhong menderita pengurangan kekayaan dari investasinya ke pemasok tes Covid di Beijing Wantai Biological Pharmacy, dan dari memasok komoditas vital air minum.

Zhang Yiming, pendiri dan mantan ketua dan CEO Bytedance –pemilik aplikasi video TikTok yang sangat populer– berada di nomor dua lagi dengan kekayaan USD49,5 miliar, turun hampir 17% dari tahun lalu di tengah penurunan penilaian terhadap perusahaan media sosial di seluruh dunia.

Robin Zeng, produsen baterai kendaraan listrik terbesar di dunia CATL, berada di urutan ke-3 lagi dalam daftar tahun ini dengan kekayaan bersih USD28,9 miliar, turun 43% dari USD50,8 miliar tahun lalu.

Sekitar empat dari lima dari 100 orang terkaya di China lebih miskin dari tahun lalu. Tencent Ma Huateng (juga dikenal sebagai Pony Ma), kekayaan bersihnya turun USD25,7 miliar menjadi USD23,4 miliar, karena penurunan hampir 50% saham Tencent selama setahun terakhir.

Laba Tencent terpukul awal tahun ini menyusul penurunan pendapatan iklan dan game.

Kekayaan miliarder teknologi lainnya juga anjlok. Saham pembuat ponsel yang terdaftar di Hong Kong Xiaomi juga turun hampir 50% dibandingkan tahun sebelumnya.

Kondisi itu menjatuhkan kekayaan Lei Jun, pendiri dan CEO Xiaomi menjadi USD7,6 miliar dari USD17,9 miliar. Raksasa e-commerce JD.com, Richard Liu bernilai USD8,3 miliar, turun dari USD17,6 miliar tahun lalu, menyusul kekalahan saham perusahaan itu.

Kekayaan perusahaan real estate juga terpukul. Yang Huiyan, co-chair pengembang real estate Country Garden, kekayaannya anjlok 82% menjadi USD4,91 miliar, turun dari USD27,8 miliar setahun lalu, di tengah kemerosotan pasar real estate.

Lima orang lainnya di bidang real estate keluar dari peringkat sama sekali termasuk Hui Ka Yan, ketua perusahaan China Evergrande Group yang terlalu tinggi pengaruhnya. Dia merupakan orang terkaya di China hanya lima tahun yang lalu.

Ke depan, kekhawatiran tentang perubahan dari kebijakan ramah bisnis setelah Kongres Komunis China yang menetapkan kembali Xi Jinping untuk masa jabatan ketiganya sebagai pemimpin partai komunis, dikombinasikan pertumbuhan ekonomi yang melambat, telah meredam sentimen investasi dan mengaburkan prospek. Tidak hanya untuk masa depan bangsa, tetapi juga untuk pengusaha yang paling sukses. Jangan berharap rebound cepat dalam waktu dekat.(frb)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Keberangkatan ke Phnom Penh, Kamboja, di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Provinsi Bali, 9 November 2022

AS Roma Ditahan Imbang Sassuolo di Menit-menit Akhir Babak Kedua