in

Kemarau, Debit Air Baku Perumda Air Minum Kota Padang Berkurang

Empat orang pria mengeruk sedimen di aliran air baku Perumda Air Minum Kota Padang, pekan lalu.

PADEK.CO— Musim kemarau yang sudah berlangsung beberapa bulan berdampak kepada suplai air bersih kepada pelanggan Perumda Air Minum Kota Padang.

Persoalannya tidak saja berkurangnya debit pada sumber air baku Perumda Air Minum Kota di sejumlah sungai di Padang, tapi juga karena terjadinya pendangkalan sungai.

Asisten Manajer Humas Perumda Air Minum Kota Padang, Adhie Zein menyebut, pihaknya tetap melakukan upaya yang maksimal agar air tetap mengalir lancar ke pelanggan.

“Kalau kondisi kini, kami tetap melakukan upaya agar pendistribusian air tetap lancar meski kuantitasnya sedikit berkurang karena keterbatasan air baku. Namun, di setiap intake kami selalu melakukan goro untuk normalisasi sungai yang sudah mengalami pendangkalan akibat debit air yang berkurang,” ujarnya, Minggu (11/6).

Adhie berharap pelanggan bersabar dan memaklumi kondisi yang ada karena ini murni faktor alam. “Kami mohon maaf atas kondisi ini dan berharap pelanggan memakluminya. Mudah-mudahan kemarau cepat berakhir dan musim hujan segera tiba agar debit air kembali normal,” harapnya.

Ia juga mengimbau pelanggan hemat memakai air dan selalu punya cadangan air di tedmont dan tempat penampungan lainnya. Sehingga tidak terlalu panik ketika debit air berkurang. Jika musim kemarau berlanjut dan pelanggan tak dapat pasokan air sama sekali maka pihaknya akan melayani dengan mobil tangki ke rumah-rumah pelangggan. (eni)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Peserta Penas Petani dan Nelayan ke-XVI Kunjungi Pabrik Indarung I Semen Padang

Gadis Ini Takjub Melihat Sapi Besar di Mini Ranch Penas Tani