in

Ketua Demokrat Sumbar Sebut Januari 2023 Momentum Tepat Deklarasikan Anies-AHY

Sejumlah pengurus DPD Partai Demokrat Sumbar silaturahmi dengan bakal calon Presiden RI Anies Baswedan, di Hotel Truntum Padang, Minggu (4/12). Pada kesempatan itu Ketua DPD Demokrat Sumbar Mulyadi menyampaikan pertemuan tersebut sebatas menjalin komunikasi di sela Safari Politik Anies ke Sumbar 3-4 Desember.

Meskipun begitu dia tak menampik ada pembicaraan terkait koalisi pada Pilpres 2024. Apalagi di tingkat pusat, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) digadang-gadangkan bakal bersanding dengan Anies sebagai bakal calon wapres.

Kata Mulyadi, kalau kader di Sumbar bahkan tingkat nasional memang ada harapan dua tokoh ini maju dalam pilpres mendatang.

”Saya juga capek menjawab pertanyaan masyarakat. Kapan mereka (Anies-AHY) dideklarasikan,” katanya  didampingi kader Demokrat yang juga Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib.

Dia menyampaikan dalam pertemuan tersebut diungkap bahwa momentum yang paling tepat untuk deklarasi pasangan Anies dan AHY pada Januari 2023. “Ini momentum yang paling bagus. Jangan terlalu lama, jangan terlalu cepat. Apalagi komunikasi sudah terjalin,” katanya.

Meski begitu, Mulyadi menyampaikan ini tetap tergantung pada partai koalisi. ”Selesai dulu kesepakatan tiga partai, Nasdem, Demokrat, dan PKS untuk mendukung pasangan capres dan cawapres,” katanya.

Mulyadi menyampaikan jika memang terwujud Anies-AHY ini, dirinya menyebut pasti ada efeknya pada pemilu legislatif. Apalagi contoh nyata sudah terjadi di Sumbar pada Pemilu 2019. Meskipun Capres Prabowo secara nasional kalah, tapi perolehan suara Gerindra di Sumbar banyak.

”Tentu ini akan berpengaruh pada suara Demokrat. Ada efek positifnya pada partai pengusung capres-cawapres mendatang,” katanya.

Mulyadi menyampaikan pada silaturahmi itu, juga hadir perwakilan dari PKS. Mulyadi tak menampik ini juga ada kaitannya dengan koalisi Nasdem, Demokrat, dan PKS dalam pilpres nanti.

Pada kesempatan terpisah, Capres yang telah dideklarasikan Partai Nasdem pada Oktober lalu, Anies Baswedan menyebutkan bahwa kesepakatan koalisi masih berproses dan belum ada batas waktu kapan seharusnya diputuskan.

Namun, bukan berarti terlambat karena batas waktu pendaftaran belum lewat. “Terlambat itu kalau sudah lewat waktunya. Jadi, kita lihat perkembangannya. Tapi, yang jelas “hilalnya” sudah kelihatan. Tidak lama lagi, semua itu tuntas,” ungkap Anies menjawab pertanyaan saat dialog dengan para pemimpin redaksi media cetak, online dan elektronik di Padang, Minggu (4/12/2022).

Dialog dengan insan pers ini dilakukan Anies usai makan bajamba di Universitas Baiturrahmah Padang bersama Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya, Ketua DPW Nasdem Sumbar Fadly Amran serta tokoh Minang seperti mantan Gubernur Sumbar dua periode yang juga Dewan Pakar PKS Irwan Prayitno, mantan Wali Kota Padang dua periode yang juga Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar, mantan Bupati Tanahdatar dua periode Shadiq Pasadigoe serta para pengurus DPW Nasdem dan relawan.(eko/esg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

HGN 2022 : Wujudkan Sekolah Bebas Perundungan

Ayo,Tingkatkan Kapasitas Guru PAUD