in

Ketua PWI : Pers Harus Mengedepankan Publisher Rights

Kendari,- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari mengajak insan pers Indonesia agar selalu kompak dan solid dalam mengawal terealisasinya regulasi hak cipta jurnalistik (publisher rights).
Hal tersebut disampaikan Atal S Depari dalam acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang digelar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (09/02/2022).
“Dalam rangka mewujudkan publisher right, sangat dibutuhkan solidaritas dan kekompakan antar media, media yang besar terhadap media yang kecil. Publisher rights harus melindungi semua media yang kecil dan besar,” ujar Atal S Depari.
Selain itu, kata Atal S Depari, sejumlah pembenahan yang harus dilakukan, diantaranya pers harus mengendalikan arus jurnalisme clickbait yang semakin deras, khususnya pada jalur jurnalisme online. “Pers harus memperbaiki kualitas pemberitaan dan sedapat mungkin menghindari tren pemberitaan yang bisa provokatif, bombastis, dan hal yang tidak kalah penting adalah menjaga independensi media,” kata Atal S Depari.
Lebih lanjut, Atal mengungkapkan pada HPN 2022, cukup banyak agenda yang dibahas. Semua itu terlaksana dalam 40 kegiatan yang menjadi rangkaian HPN 2022. “Bayangkan semangatnya orang pers dan masyarakat pers untuk berbicara. Tapi itu lah kita warnai HPN ini. Ini (Kendari) rumah diskusi yang luar biasa,” terang Atal.
Selain Konvensi Media, HPN 2022 juga dilaksanakan berbagai kegiatan lain yang bersifat apresiasi dari pers untuk pers, maupun dari pers untuk tokoh/bidang lain. Misalnya Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Anugerah Kebudayaan untuk Bupati Wali Kota pemaju kebudayaan, pemberian Press Card Number One (PCNO), klinik penulisan, penerbitan buku-buku karya wartawan (puisi, cerpen, jurnalistik), juga berbagai seminar untuk mencari terobosan dan inovasi di bidang pertambangan, energi, pariwisata, moneter, hingga forum investasi bersama para duta besar negara sahabat.

Penulis : Rahman

The post Ketua PWI : Pers Harus Mengedepankan Publisher Rights appeared first on ZONA SATU.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tiga Pelaku Pengeroyokan Jadi Tersangka

Blora Antisipasi Laka Lantas, Satlantas Blora Gencar Sosialisasikan Penertiban ODOL