in

Kick Off Pengendalian dan Penanganan PMK Nasional 2023 Resmi Dibuka

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, resmi membuka kegiatan Kick Off Pengendalian dan Penanganan PMK Nasional 2023, Sabtu (28/1) di Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan itu sendiri serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Di Provinsi Sumbar, pelaksanaan kegiatan Kick Off Pengendalian dan Penanganan PMK Nasional 2023 digelar di Rumah Potong Hewan (RPH) Air Pacah, Kota Padang.

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Dinas Peternakan Sumbar, Sekko Padang Andree Algamar, Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat, dan instansi terkait lainnya.

Wagub Sumbar Audy Joinaldy mengatakan, sejak awal ditemukannya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi, pihaknya langsung dengan cepat menangani sapi-sapi terjangkit tersebut agar tidak terjadi penularan lebih banyak.

Ia menambahkan, saat ini capaian vaksinasi PMK di Provinsi Sumbar masih cukup rendah dibandingkan daerah lainnya di Indonesia. Untuk itu melalui kegiatan Kick Off Pengendalian dan Penanganan PMK ini diharapkan pencapaian vaksinasi akan lebih meningkat.

“Ayo sama-sama kita kejar (vaksinasi). Kapan perlu kita adakan perlombaan nantinya. Hadiahnya kita berikan bantuan yang lebih banyak,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat mengatakan, pihaknya akan terus menggenjot pencapaian vaksinasi PMK agar seluruh hewan ternak di Kota Padang bisa terbebas dari penyakit tersebut. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Perkuat Jejaring dan Silaturahmi, Alumni SMP 7 Padang Sukses Reuni Tiga Dekade

Termasuk Padangpanjang, Angka Stunting di Tujuh Kabupaten/Kota Turun