in

Kisruh Dukungan PAN di PALI, Diantara Besarkan Partai Atau Perselisihan Antar Kader

BP/IST
Pengamat sosial , Bagindo Togar BB

Oleh :Bagindo Togar Bb (Pemerhati Politik
/ Forum Demokrasi Sriwijaya)

SEJATINYA, disaat ada pernyataan tokoh PAN di Sumatera Selatan (Sumsel) yang menyebutkan bahwa belum ada keputusan dukungan untuk Pilkada di Kabupaten PALI, tidaklah benar adanya, sebab ‘publik terbatas’ telah mengetahui rekomendasi dukungan telah diterbitkan akhir Maret lalu kepada H.Heri Amalindo dan H.Sumarjono sebagai Pasangan  Calon (Paslon) Bupati PALI untuk 5 tahun mendatang.

Lantas mengapa ungkapan tersebut beredar dan berkembang diberagam media, sehingga terkesan dukungan politik tersebut belum final ? Padahal disisi lain petinggi PAN lain menampik, bahwa DPP telah tegas mengusung calon Bupati yang juga adalah petahana saat ini.

Apakah ” ketidakbulatan” pernyataan para elite Daerah PAN Sumsel ini, dikarenakan jadwal Musyawarah Wilayah yang semakin mepet, yang mana santer terdengar adanya kompetisi agak sengit antar faksi ditataran elite/ Petinggi PAN diwilayah Sumatera Selatan? Sangat wajar dan dimaklumi, bila terjadi dinamika menjelang Musyawarah Wilayah (Muswil) Provinsi tersebut.

Akan tetapi, lebih elegan juga humble, bila situasi politik yang sedang mengalami friksi dikonsumsi dikalangan internal saja, alias tidak meluber keranah external parpol yang tergolong senior keberadaannya dalam frame politik pasca orde baru.

Karena akan berpengaruh kepada kredibilitas, wibawa serta integritas partai. Inkonsistensi sikap politik, keputusan, orientasi maupun dukungan , kelak akan memperburuk citra,derajat ataupun wibawa lembaga yang sarat akan pengalaman berpolitik dalam beragam level.

Disisi lain, masyarakat para simpatisan parpol berlambang matahari ,berharap organisasi politik, agar tak hanya disibukkan oleh permasalahan atau urusan yang hanya kemanfaatannya dirasakan oleh kalangan elite tertentu saja, warga rindu juga butuh ide atau gagasan cerdas plus tangkas permasalahan masyarakat yang semakin kontras terlihat dan berat bebannya secara sosial ekonomi.

Akhirnya semoga Muswil PAN Sumsel, dapat melahirkan program serta kebijakan politik baru dengan pengurus yang kaya dengan akan gagasan, semangat dan energi yang baru pula.

Sebab, masa depan politik kita, kan semakin kompleks, multi tantangan serta sarat kepentingan.
Bukankah lebih urgent dan amanah, bila mengedepankan upaya membesarkan partai daripada membuka ruang ataupun melakukan pembiaran terkondisinya perbedaan serta perselisihan antar kader seperjuangan?#osk

What do you think?

Written by Julliana Elora

PAN Siap Membirukan Ogan Ilir, Memenangkan AW Noviadi-Ardani Menjadikan Bupati dan Wabup 2021-2026

Mengapa Audit Energi Harus Dilakukan?