in

Konsisten Terapkan K3 Dalam Proyek Pembangunan, PLN UIP SUMBAGTENG Terima Penghargaan

Pekanbaru – Dalam acara Penyerahan Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2023 oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Tengah (PLN UIP Sumbagteng) menjadi salah satu dari sekian perusahaan yang menerima Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award) Tahun 2023.

Kegiatan Penyerahan Penghargaan K3 tersebut dilaksanakan pada 22 Juni 2023 di The Tribrata Convention Center, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan yang dihadiri oleh oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si.

Dalam kesempatan yang berbeda Pejabat Pengendali Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) PLN UIP Sumbagteng, Davis Fojem menyampaikan bahwa penghargaan yang diterima merupakan pengingat agar PLN UIP Sumbagteng tetap bersungguh-sungguh dalam menerapkan K3.

“Dalam melaksanakan kegiatan proyek, keselamatan adalah hal yang utama, untuk itu setiap kegiatan haruslah dilakukan dengan standar prosedur yang telah ditetapkan, seperti kegiatan Safety Patrol yang merupakan agenda rutin bulanan yang konsisten dilaksanakan di seluruh proyek PLN UIP Sumbagteng sebagai antisipasi dalam menanggulangi permasalahan K3 yang ada. Hal utama yang harus selalu diingat adalah tidak ada yang lebih berharga dari pada nyawa manusia, disamping mencapai progres pekerjaan, lebih utama lagi kecelakaan kerja harus diperhatikan dan dihindari dalam melakukan kegiatan apalagi pekerjaan yang berisiko tinggi “, ujarnya.

Dalam kegiatan Safety Patrol, setiap temuan yang ada selanjutnya akan dibahas dalam sebuah rapat bersama antara Tim K3, Pengawas, serta Pelaksana Pekerjaan, untuk selanjutnya ditindaklanjuti sehinggga sesuai dengan standar dan batas waktu yang ditetapkan. Kegiatan Safety Patrol bertujuan menjamin terlaksananya implementasi sistem manajemen K3 di lingkungan pekerjaan khususnya dilingkungan pembangunan proyek ketenagalistrikan oleh PLN UIP Sumbagteng.

Senada dengan Davis, General Manager PLN UIP Sumbagteng, I Njoman Surjana D. mengatakan “agar selalu memperhatikan Keselamatan kerja dan mengikuti Prosedur Operasional Standar serta memakai Alat Pengaman Diri (APD) dalam melakukan aktivitas pekerjaan sehingga terhindar dari kecelakaan kerja yang dapat merugikan fisik apalagi nyawa manusia yang jauh lebih berharga saat dilapangan. Kami minta pekerjaan dapat diselesaikan dengan Zero Accident, karena Zero Accident menjadi target kita” ungkapnya.(*)

What do you think?

Written by virgo

Dewa United Tandai Penampilan Pertama Dengan Kemenangan 1-0 atas Arema

WALAH, Sebuah Mobil Tercebur ke Sungai Lae Kombih Subulussalam