in

Koran Jakarta dan Sejumlah Media Mendapat Penghargaan BNPB

JAKARTA – Partispasi aktif Koran Jakarta dalam penyebarluasan informasi kebencanaan tahun 2019 mendapat apresiasi dari Badan Nasional Penangguangan Bencana (BNPB). Lembaga tersebut memberikan piagam penghargaan berupa sertifikat dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Tahun 2020 yang juga dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2).

“Media sangat luar biasa. Tanpa bantuan media, BNPB akan kehilangan informasi. Dari media pula saya banyak mendapatkan informasi seputar peristiwa kejadian bencana yang terjadi di daerah-daerah. Laporan terkait kejadian bencana justru saya dapatkan dari media, bukan dari laporan awal,” kata Doni.

Kepala BNPB juga menyampaikan, media massa memiliki jangkauan yang luas memberikan informasi terkait potret suatu wilayah dengan potensi ancaman bahayanya kepada publik sehingga mereka mengetahui dan memahami. Media massa mampu untuk menyampaikan dan mengemas pesan dengan bahasa yang sederhana.

Menurut Doni penghargaan ini diharapkan bisa memacu insan media lebih aktif melaporkan dan menyebarluaskan peristiwa bencana mulai dari kejadian, penanganan, hingga pemulihan peristiwa bencana yang terjadi di Indonesia.

Untuk kategori media cetak, selain Koran Jakarta, penghargaan juga diberikan kepada Kompas, Media Indonesia, Pikiran Rakyat, dan Suara Pembaharuan.

Untuk Media online: Trubus.id, tribunnews.comantaranews.comrepublika.co.iddetik.comkompas.com, dan liputan6.com, Okezone.com, Sindonews.com, Bisnis.com, Inews.id, cnnindonesia.com, Suara.com, Merdeka.com, Tempo.co, Akurat.co, Medkom.id, Jawapos.com, suaramerdeka.comkumparan.commongabay.comidntimes.combbcindonesia.comrmco.id.

Televisi: CNN Indonesia TV, Metro TV, Berita Satu TV, TVRI, TVOne, Kompas TV, MNC TV, iNEWS, DAAI TV, Jawa Pos TV, Antara TV, SCTV, Indosiar, TransTV, Trans7, NET TV.

Radio: RRI, Elshinta, Smart, Trijaya FM, Sonora FM, dan Bensradio. (drb)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Melakukan Pertapaan Diam

Bayi 16 Bulan Meninggal di Kolam