in

KPK Tetapkan 2 Tersangka Baru Kasus Suap Proyek Jalur Kereta

JAKARTA, METRO–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dua tersangka baru dalam kasus pembangunan jalur kereta di Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Keduanya adalah dari pihak swasta di proyek penga­daan barang dan jasa di lingkungan Balai Teknik Per­keretaapian Kelas I Bandung, Kemenhub. Sebelumnya dalam kasus ini, KPK telah menetapkan 10 tersangka.

Adapun kedua tersangka baru tersebut, yaitu Direktur PT Bhakti Karya Utama (BKU) Asta Danika (AD) dan Direktur PT Putra Kharisma Sejahtera (PKS) Zulfikar Fahmi.

“Tim penyidik menemukan adanya peran pihak lain yang diduga turut serta memberikan suap khususnya kepada SPH (Syntho Pirjani Hutabarat) PPK BTP Jabagbar,” kata Wakil Ke­tua KPK Johanis Tanak da­lam konferensi pers di Ge­dung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (6/11).

KPK langsung melakukan penahanan terhadap Asta Danika usai diperiksa sebagai tersangka. Asta Danika ditahan untuk masa penahanan pertama selama 20 hari ke depan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) KPK.

“Untuk kebutuhan proses penyidikan, tim penyidik menahan tersangka AD untuk 20 hari pertama, terhitung mulai tanggal 6 November 2023 sampai 25 November 2023 di Rutan KPK,” ucap Tanak.

What do you think?

Written by virgo

Presiden Jokowi Jenguk Doni Monardo di RS Siloam

Hari Listrik Nasional ke-78 Tegaskan Komitmen PLN Lanjutkan Transformasi