in

KPN Kopertis Wilayah X Gelar Rapat Anggota Pembahasan Rencana Kerja dan RAPB Tahun 2024

PADEK.CO–KPN Kopertis Wilayah X melaksanakan Rapat Anggota Pembahasan dan Pengesahan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja (RAPB) Tahun Buku 2024 di aula lantai 3, Kamis (21/12/2023).

Pada Rapat Anggota yang diselenggarakan secara daring dan luring itu, Ketua KPN Kopertis Wilayah X Prof. Dr. Suryani, M.Si mengatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan tersebut dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Pada pasal 3 disebutkan koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Kali ini, RAPB dilaksanakan terpisah dengan Rapat Anggota Tahunan. Sehingga, pada saat RAT nanti anggota dapat fokus kepada pembahasan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas serta melakukan pemilihan pengurus dan pengawas periode 2024-2027,” ucap Prof. Suryani.

Analis Kebijakan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Barat Rika Esasmida dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan rapat anggota KPN Kopertis Wilayah X.

Menurutnya, pengurus KPN Kopertis Wilayah X telah berhasil memisahkan pelaksanaan rapat anggota dengan Rapat Anggota Tahunan (RAT)

“Satu-satunya koperasi di Provinsi Sumbar yang mendahulukan rencana kerja dan RAPB. Ini merupakan suatu hal yang patut dicontoh oleh koperasi lain di Sumatera Barat. Hal ini sangat berdampak bagi pengelolaan koperasi. Koperasi harus menetapkan program kerja dan RAPB terlebih sebelum dibentuk pengurus yang baru,” ucap Rika.

Senada dengan hal tersebut, Fauzen Yazid dari Pusat Koperasi Pegawai RI Sumbar turut mengapresiasi pelaksanaan Rapat Anggota KPN Kopertis Wilayah X.

“RK dan RAPB wajib dilaksanakan sebelum RAT,” ucap Fauzen.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Koperasi Dinas Koperasi Kota Padang Jamilus mengatakan pelaksanaan Rapat Anggota Pembahasan Rencana Kerja dan RAPB KPN Kopertis Wilayah X merupakan tindak lanjut dari program kerja Dinas Koperasi Kota Padang dalam peningkatan kompetensi pengurus koperasi.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Mobil Berpenumpang 11 Orang Kecelakaan di Tol Pekanbaru-Bangkinang, Satu Meninggal

Kampanye dengan Ribuan Orang di Bukittinggi Insya Allah Prabowo-Gibran Menang 55 Persen