in

KPU Mentawai Sosialisasi Tahapan Pemilu kepada Insan Pers

PADEK.CO–Antisipasi kecurangan dalam pelaksanaan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak hanya menjadi tanggungjawab penyelenggara Pemilu, namun, juga butuh dukungan stakeholder terkait. Termasuk peran serta media atau insan pers dalam suksesi penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut.

Hal itu diungkapkan komisioner KPU Kepulauan Mentawai bidang sosialisasi pendidikan pemilu dan sumber daya manusia Eki Butman, di hadapan insan pers yang bertugas di Kepulauan Mentawai Kamis, (23/11), siang di Kafe Lulak Km 4 Sipora Utara.

Dia mengatakan, proses terjadinya kecurangan atau pelanggaran dalam penyelenggaraan Pemilu dapat dilihat dari tahapan penyelenggaraan Pemilu itu sendiri.

“Namun, sampai saat ini, hingga penetapan caleg dan capres peserta pemilu berjalan dengan baik, khususnya di Kepulauan Mentawai. Sampai saat ini, tidak ada sengketa mulai dari tahapan hingga penetapan peserta pemilu di Kepulauan Mentawai,” ujarnya.

Hal ini, kata dia, juga menunjukkan proses atau tahapan penyelenggaran Pemilu sudah terlaksana baik. Tinggal lagi, tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 memasuki tahapan kampanye. Nah, untuk penyelenggaraan tahapan kampanye ini juga sudah diatur regulasi dan mekanismenya.

“Untuk itu, kita juga berharap kepada rekan-rekan media bisa terus bersinergi untuk menyukseskan penyelenggaran pesta demokrasi di Kepulauan Mentawai. Keberadaan media, sangat strategis dalam mendukung suksesi penyelenggaraan pemilu di Kepulauan Mentawai. Termasuk juga tokoh masyarakat dan peran tokoh agama,” katanya.

Dia berharap, terus libatkan media dalam kegiatan sosialisasi tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024. Tentunya, kata dia, hal itu juga tidak terlepas dari dukungan dan ketersediaan anggaran di KPU Mentawai.

Sekadar diketahui, kata dia, saat ini jumlah DPT Kabupaten Kepulauan Mentawai berjumlah 66.129 pemilih dengan 34.262 pemilih laki-laki dan 31.867 pemilih perempuan. Sementara itu, untuk logistik berupa bilik suara dan tinta untuk mencoblos serta perangkat lainnya juga sudah masuk dan lengkap ke KPU Kepulauan Mentawai.(rif)

What do you think?

Written by Julliana Elora

BSI Gelar “Jumat Berkah” untuk Umat, Lokasi Pertama di Masjid IPB

Jubir TPN: Ganjar-Mahfud Siap Kurangi Stunting, Pasok Gizi Ibu Hamil dan Balita