in

Layanan Tanpa Kedip, PLN Sukseskan Kunjungan Menpar Sandiago Uno

PLN sukses berikan layanan listrik tanpa kedip pada kunjungan Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ke Geopark Silokek Kabupaten Sijunjung, Rabu (06/07).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar Toni Wahyu Wibowo mengatakan, PLN berupaya bergerak cepat mengawal dan memastikan infrastruktur kelistrikan aman di seluruh kawasan Geopark Silokek. Termasuk juga pada titik-titik lokasi yang akan dikunjungi rombongan Menparekraf.

Untuk itu, sebut Toni, PLN UIW Sumbar menerapkan SOP khusus guna memastikan suplai listrik andal tanpa kedip. Kemudian menyiagakan personil yang tersebar di beberapa titik. Tiga titik prioritas pengamanan pasokan listrik meliputi gerbang Geopark Silokek, Lokasi Ngalau, dan Rest Area.

‘’Kami menyediakan genset berkapasitas 5,5 kVA pada masing-masing titik prioritas. Juga suplai listrik andal melalui penyulang utama Feeder Muaro, dan skema backup di masing-masing lokasi dengan dua sampai tiga lapis,’’ tegas Toni kemudian.

PLN juga siagakan petugas siaga untuk standby di tiga titik prioritas, dan tim lainnya berbagai lokasi untuk mengawal bila terjadi hal-hal emergency di luar rencana. ‘’Petugas PLN sudah terlatih bergerak cepat dan tanggap,’’ ungkap Toni.

Toni menuturkan, menjadi suatu kebanggaan bagi PLN dapat mengawal kunjungan kerja Menparekraf dengan layanan kelistrikan. ‘’PLN mengupayakan berbagai upaya untuk memperkuat keandalan pasokan listrik di lokasi. Ini sebagai dukungan kami terhadap pemerintah dan wujud hormat kami kepada Bapak Menteri,’’ tutur Toni.

Hadir bersama kunjungan kerja Menparekraf ini tim penilai Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Sekretaris Daerah Sumbar Andree Harmadi Algamar, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, Wakil bupati Sijunjung Iraddatillah, dan jajaran forkopimda di Kabupaten Sijunjung.

Nagari Silokek merupakan nagari yang berhasil menembus 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Nagari Silokek adalah satu dari 3 nagari di Sumbar yang berhasil masuk pada ADWI 2022 tersebut. ‘’Dua lainnya Nagari Paringan Kabupaten Tanah Datar dan Nagari Ulakan Kabupaten Padang Pariaman.

Kunjungan kerja Menparekraf dan tim penilai ADWI juga sekaligus untuk proses penilaian tahap lanjutan ADWI 2022. Bupati Sijunjung Benny Dwifa optimis, Geopark Silokek mendapat penilaian baik dari tim penilai ADWI. Karena kawasan Silokek punya banyak keunggulan yang tidak dimiliki daerah lain. ‘’ Geopark Silokek sekarang sedang dalam proses menuju status Heopark Global UNESCO,” tekannya.

Kepada PLN, Benny mengapresiasi upaya PLN yang memberikan pelayanan terbaik pada kunjungan kerja Menparekraf ke Geopark Silokek.

“Kita mengapresiasi PLN atas sinergi dan dukungan yang luar biasa baik sebelum maupun pertengahan acara dalam menjaga keandalan pasokan listrik sehingga kunjungan ini dapat berjalan dengan sukses. Kerja cepat PLN juga sangat mendukung pembangunan dan pertumbuhan kawasan wisata ini,’’ ungkap Bupati kemudian.

Tim PLN, sebut Benny, selalu memberikan pelayanan mudah dan cepat saat kawasan wisata membutuhkan tambahan pembangunan dan penerangan. Petugas lapangan juga selalu bekerja dengan APD lengkap dan cepat tanggap menyikapi berbagai situasi dan kebutuhan kelistrikan,” sebutnya.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Mengapa Ruangan Kamar Tidak Boleh Lembab?

Cegah PMK Pada Ternak, Pasar Wage Disemprot Desinfektan