in

Lima Jalan Tol Proyek Strategis Nasional Telah Selesai Konstruksi

PADEK.JAWAPOS.COM-Pemerintah terus mengupayakan pertumbuhan ekonomi secara signifikan melalui percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia salah satunya melalui Proyek Strategis Nasional (PSN).

PSN juga dirancang dengan prioritas pada pembangunan infrastruktur yang diharapkan dapat menciptakan multiplier effect bagi pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan.

Pada kuartal 3 tahun 2023, Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyelesaikan pembangunan lima jalan tol yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Bahkan, beberapa di antaranya sudah beroperasi.

Seperti dilansir laman resmi BPJT, lima jalan tol tersebut adalah, Jalan Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 5 & 6, Jalan Tol Simpang Indralaya – Muara Enim Seksi 1, Jalan Tol Serpong – Cinere Seksi 2, Jalan Tol Cinere – Jagorawi Seksi 3, dan Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo Seksi 4A.

Keberadaan infrastruktur baru ini diharapkan akan memacu pertumbuhan ekonomi, memangkas waktu perjalanan, serta mengurangi kemacetan lalu lintas. Selain itu, berbagai proyek PSN lainnya juga dalam tahap penyelesaian.

Presiden Joko Widodo pada pembukaan Sewindu PSN di Jakarta, Rabu (13/9/2023) menyebutkan bahwa PSN bertujuan memberi manfaat bagi rakyat, bukan menderitakan masyarakat.

Dalam delapan tahun terakhir, kata Jokowi, proyek strategis nasional besar-besaran telah diselesaikan sebanyak 161 PSN dan menyerap tenaga kerja 11 juta orang.

Menurutnya, kehadiran infrastruktur PSN juga telah mendongkrak daya saing Indonesia di level internasional. Hal ini terlihat dari meningkatnya peringkat daya saing Indonesia dalam IMD World Competitiveness Index dari peringkat 44 ke peringkat 34 pada tahun 2022.

Selanjutnya, Jokowi menambahkan untuk PSN lain yang belum selesai bisa segera dirampungkan paling lambat pada semester I tahun 2024.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Dapat Bantuan Pembangunan RDF Plant, Wako Padang Ucapkan Terima Kasih pada Semen Padang

PKS Resmi Dukung Cak Imin jadi Cawapres Anies tanpa Syarat