in

Listrik Korsleting Tiga Rumah Terbakar, 19 Jiwa Mengungsi

Jumat, 9 Agustus 2019 11:55 WIB

LHOKSEUMAWE – Sebanyak tiga rumah di Desa Bangka Jaya, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Kamis (8/8) sekitar pukul 15.00 WIB, terbakar. Tak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun semua harta benda milik korban ludes dilalap api. Kebakaran yang diduga kuat akibat korsleting (hubungan arus pendek) listrik menyebabkan empat kepala keluarga (KK) atau 19 jiwa harus mengungsi. 

Ketiga rumah yang terbakar itu masing-masing rumah panggung berkonstruksi kayu yang ditempati Saiful Bahri bersama lima anggota keluarganya, rumah permanen yang dihuni Nurdin bersama lima anggota keluarganya, serta rumah semipermanen yang dihuni dua KK yaitu Isnaini bersama dua anggota keluarganya dan Nurlaili bersama tiga anggota keluarganya. 

Koordinator Tagana Aceh Utara, Amiruddin, menyebutkan, informasi awal yang diterima pihaknya, saat kebakaran ketiga rumah tersebut dalam kondisi kosong. “Sejauh ini, kita belum bisa pastikan dari rumah mana api pertama kali muncul dan apa penyebabnya,” ujar Amiruddin seraya menyebutkan semua barang di dalam rumah-rumah tersebut tidak ada yang bisa diselamatkan.

Ditanya apakah akan dibangun tenda untuk korban kebakaran, Amiruddin, mengatakan, pihaknya masih mendiskusikan masalah itu dengan pihak terkait. “Tapi, kalau bantuan masa panik langsung kita salurkan sore ini (kemarin sore-red) juga,” janji Amiruddin.

Secara terpisah, Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan, melalui Kapolsek Dewantara, AKP Erpansyah, menyebutkan, berdasarkan hasil penyelidikan awal pihaknya, kebakaran itu diduga kuat terjadi akibat korsleting listrik pada salah rumah yang terbakar. Menurutnya, kebakaran terjadi sempat menimbulkan kepanikan warga sekitar. 

Namun, tidak lama kemudian sejumlah mobil pemadan kebakaran (damkar) dari PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) Krueng Geukueh dan Pemkab Aceh Utara, tiba di lokasi. Hasilnya, sekitar pukul 15.45 WIB, api berhasil dipadamkan. “Tak ada korban jiwa, namun seluruh harta milik korban habis terbakar. Sehingga kerugiannya kita taksir mencapai 300 juta rupiah,” demikian Kapolsek Dewantara, AKP Erpansyah. (bah)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tiba di Putrajaya, Disambut Upacara Resmi

Mengenal 3 Manfaat Profesi Berwirausaha Sejak Dini