in

Luhut Puji Dony Oskaria Saat Tinjau Lokasi dan Saksikan F1 PowerBoat Danau Toba

Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H20) Power Boat Danau Toba, di Balige, Sumatera Utara digelar pada 24-26 Februari 2023. Beberapa penunjang balapan seperti lintasan tribun penonton hingga paddock persiapan sudah 100 persen.

Main venue yang berada di area Pelabuhan Muliaraja Napitupulu dan Lapangan Sisingamangaraja, Balige juga siap. Hari ini sudah mulai free practice.

Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan saat menyaksikan latihan peserta F1 PowerBoat, Jumat (24/2/2023), tidak menyangka lokasinya sudah bagus.

“Gilak, gilak ini, lima bulan lalu lokasi F1 PowerBoat ini tidak seperti ini. Gilak ini. Paten kau, paten kau ya,” ungkap Luhut Binsar Panjaitan saat mengeliling jalan kayu dan beton serta meninjau stand UMKM di lokasi F1 PowerBoat di Balige.

Pujian itu ditujukan Menko Marves Luhut kepada sosok Direktur InJourney Dony Oskaria, the man behind dari gelaran Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 pertama di Indonesia

Selain iven di Balige ini, Dony sebelumnya juga terlibat dalam menyukseskan MotoGP, pembenahan Sarinah, WSBK (World Super Bike) Mandalika, G20, Labuan Bajo Night Happy Year.

Untuk itu, Dony dan timnya berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti Pemprov Sumut dan Pemkab Toba. Lokasi disulap menjadi landscape yang berstandar dunia.

“Ini harus diperlebar landscape-nya, Pak Monoarfa masih bisa lebih dibagusin sampai ke arah barat dari lokasi sekarang. Itu omongan via handphone-nya Pak Luhut ke Menteri Bappenas Suharso Monoarfa,” ujar Dony Oskaria.

Menurut Dony, keberhasilan membuat landscape lokasi F1 PowerBoat 2023 di Dermaga Balige, kata Dony Oskaria, tidak lepas dari dukungan penuh dari Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan.

“Siap Pak, terima kasih atas ketakjuban bapak. Semua ini tidak lepas dari support full dari bapak Kemenko Marves, Kementerian PUPR, Kemenparekraf dan Pemprov Sumut serta Pemkab Toba serta masyarakat Balige yang total turun tangan hingga pergelaran F1 PowerBoat 2023 hari ini mulai digelar,” ujar Dony Oskaria.

Sementara itu, peserta jelang Jumat siang tadi terus mencoba track sirkuit F1 PowerBoat di tengah Danau Toba.

Suara keras dan khas boat peserta F1 PowerBoat itu, seperti memacu adrenalin para penggila olahraga ini untuk menyaksikan langsung.

“Latihan sudah ramai gini, apalagi besok penyisihan dan Minggu final, infonya disaksikan Pak Presiden Joko Widodo. Garansi bakal pecah F1 PowerBoat ini,” ujar Josua, warga Balige di tengah menyaksikan practising para speeder atau driver superboat.(rel)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Gali Informasi Kaliandra, Masyarakat Talamau Pasbar Kunjungi Semen Padang

Keseruan aksi panggung OneRepublic di Woke Up Fest 2023