in

Mahasiswa Unand Payakumbuh Berikan Penyuluhan Pembuatan Pakan Ternak Silase

PADEK.CO– Mahasiswa Unand Payakumbuh melakukan penyuluhan di Jorong Tanjuang Kaliang, Nagari Sungai Kamuyang Kabupaten Limapuluh Kota. Kali ini tentang prosedur pembuatan silase untuk ternak, Minggu (19/11/2023).

“Jorong Tanjuang Kaliang dikenal sebagai daerah yang mayoritas mata pencaharian sebagai peternak ruminansia khususnya sapi, namun sayangnya masyarakat di sini masih tergolong awam dalam hal modernisasi, sehingga masih banyak peternak yang belum sepenuhnya memahami mengenai pemanfaatan hijauan sekitar,” ungkap Ketua Kelompok, Alfizen, Jumat (24/11).

Penyuluhan ini, kata Alfizeb, dilakukan untuk memenuhi tugas Ilmu Penyuluhan Ternak yang diampu oleh Dosen Ir Amrizal Anas MP dan Aditya Alqamal Alianta SPt MSc.

Pembuatan pakan Silase ini sebagai salah satu bentuk pemanfaatan potensi hijauan secara optimal dan juga membantu peternak untuk dapat memenuhi nutrisi ternaknya.

Kegiatan penyuluhan ini bertempat di kediaman Idra Medi yang dimulai pada pukul 19.00 WIB dan dihadiri oleh 14 orang peternak tradisional di daerah sekitar.

Penyuluhan yang diketuai oleh Alfizen, dengan anggota lainnya; Rendi Agesta, Nurul Azizah, Naya Alfia Firanti, Loly Zalfira, Hamidan Ahmad, Alfariz Orvin, dan Putri Arelli.

Usai pembukaan acara, dilanjutkan dengan penjelasan materi yang meliputi pengertian silase, manfaat silase, alat dan bahan pembuatan silase, cara pembuatan silase lalu cara pengambilan silase dan bagaimana ciri-ciri Silase yang baik. Setelah pemaparan materi dilanjutkan sesi tanya jawab.

Kegiatan penyuluhan silase tersebut berlangsung hangat dan antusiasme tinggi dari para peternak di Jorong Tanjuang Kaliang.

“Kami berharap teknik silase ini mampu menjadi solusi efektif untuk mengatasi masalah pakan ternak pada musim kemarau dan membantu peternak Jorong Tanjuang Kaliang dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka,” ujarnya.

Selain itu, tim penyuluh berharap upaya pemahaman nutrisi hewan yang baik terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi peternak di wilayah tersebut.(rel)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Groundbreaking Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unimuda Sorong, di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, 24 November 2023

SMA Negeri 1 Batusangkar: Progul Tahfiz, Bisa Umrah Kalau Hafal 15 Juz Lebih