in

Manfaat Liburan Bersama Keluarga

Netridaliyati, M. Pd
(Guru UPTD SMPN 1
Kecamatan Luak)

Libur t’lah tiba…Libur t’lah tiba…Hore! Hore! Hore! (Hore!)….Hatiku Gembira. Lirik tersebut di atas agaknya tidak asing lagi di telinga kita. Betapa tidak, ini adalah lirik yang sering dinyanyikan oleh Tasya Kamila.

Yakni seorang artis cilik kala itu, yang kini sudah tumbuh dewasa. Ya, lirik lagu ini menggambarkan betapa bahagianya anak-anak ketika liburan tiba. Karena hampir enam bulan bergelut dengan berbagai aktivitas padat di sekolah.

Di saat liburan kemarin itulah mereka dapat bersenang-senang melepaskan beban yang selama ini mengekang mereka. Anak-anak juga butuh aktivitas lain untuk mendukung tumbuh kembangnya secara maksimal.

Inilah yang membuat liburan anak-anak menjadi aktivitas penting yang sebaiknya dilakukan secara teratur. Ternyata liburan bisa menjadi sarana belajar yang menyenangkan, sebab tidak terikat dengan aturan-aturan yang mengekang mereka, sehingga dapat berkreasi sesuai dengan yang diinginkan.

Liburan juga dapat mempererat hubungan dalam keluarga, membangun rasa kasih sayang dan kebersamaan serta dapat mengembalikan fisik dan pemikiran untuk memulai aktivitas rutin kembali. Aktifitas liburan dapat dilakukan secara indoor ataupun outdor.

Saat ini, aktivitas liburan anak-anak kerap dikemas dengan konsep field trip yang sarat pengetahuan karena dirancang agar berkaitan dengan belajar anak . Sehingga liburan bukan sekadar bersenang-senang tetapi juga memberikan banyak manfaat baru bagi anak-anak. Beberapa manfaat liburan yang dikutip dari berbagai sumber dan diunggah melalui beberapa media sosial.

Mempererat Kualitas Hubungan Keluarga

Aktifitas liburan yang bersama orang tua dan anak-anak sangatlah dibutuhkan. Karena selama ini sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing, sehingga membuat keluarga merasakan kurangnya kebersamaan. Dengan melakukan liburan bersama, tentu hubungan ini menjadi lebih erat sehingga timbul rasa kasih dan sayang.

Dan tentu saja ini manfaat baik untuk perkembangan mental anak. Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris menyatakan 49 persen responden menyatakan kenangan terindah yang mereka rasakan adalah berlibur bersama keluarga.

Sarana Belajar

Mengunjungi berbagi tempat rekreasi bertemakan alam atau sejarah seperti kebun binatang, laut, danau, museum, gedung seni, planetarium, Taman Mini dan yang lainnya, tentu dapat memberikan pembelajaran langsung yang dapat diamati dan dirasakan sehingga mampu memberikan banyak ilmu baru tanpa membuat anak merasa bosan.

Melatih Anak Berinteraksi dengan Lingkungan Sosial Lainnya

Berlibur dengan mengajak anak-anak mengunjungi orang tua atau saudara merupakan cara yang efektif untuk anak bisa berinteraksi dengan berbagai watak orang. Jangan biarkan anak asik sendiri bermain dengan gadgetnya, ajak berbaur bersama anggota keluarga lainnya ataupun anak-anak penduduk lokal.

Selain menambah teman dan penggalaman baru, ini juga merupakan sebagai ajang latihan untuk kecakapan hidup dan sosial mereka. Karena pola komunikasi dan interaksi akan pasti berbeda dengan lingkungan di rumah sehingga anak akan lebih percaya diri.

Menghilangkan Stress

Stress tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak akibat rutinitas yang mereka harus lakukan. Liburan sangat membantu anak menghilangkan stress karena suasana yang berbeda, udara yang segar, sinar matahari baik untuk kesehatan akan memicu produksi hormon serotin sebagai pengatur mood baik.

Pengalaman baru ini membuat tubuh memproduksi “hormon bahagia” sehingga bisa memperkuat imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Ayo, bapak ibu selagi ada waktu seminggu ini masih ada suasana liburan. Ajak anak-anak untuk liburan bersama, tidak harus mewah lakukan secara sederhana dengan mengunjungi wisata-wisata terdekat dari rumah.(***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Internalisasi Nilai-Nilai Karakter di Sekolah

Lewat Kopra by Mandiri, Bank Mandiri Dukung Pemerintah Perkuat Sektor Kesehatan