in

Mantan juara F1 Jenson Button bakal debut di NASCAR

Jakarta (ANTARA) – Mantan juara dunia Formula 1 Jenson Button akan mempersiapkan debutnya sebagai pebalap dari tim Mobil 1 Racing pada kompetisi NASCAR Cup Series di Circuit of America akhir Maret.

Dikutip dari laman resmi NASCAR, Jumat, Button akan mengemudikan Ford Mustang No.15. Baginya, ini merupakan tantangan yang sangat berbeda dan ia sangat bersemangat untuk menghadapinya.

“Balapan mobil ini sangat berbeda dari yang biasa saya lakukan. Ini jauh lebih berat, banyak hal yang harus dipelajari dalam waktu yang sangat singkat,” ujar Button.

Selain bekerja sama dengan Mobil 1, Button juga membuat kesepakatan untuk tiga balapannya dengan Stewart-Haas Racing untuk dukungan pemasaran dan promosi.

Pebalap Inggris itu dijadwalkan akan mengikuti balapan street course perdana NASCAR di pusat kota Chicago, Juli, dan balapan road course di Indianapolis Motor Speedway pada Agustus.

“Tapi saya sangat senang dengan tantangan baru itu, dan ketika saya terjun ke dalam sesuatu, saya akan memberikan 100 persen. Saya tidak melakukannya hanya untuk bersenang-senang, saya ingin menjadi kompetitif, walaupun itu memakan sedikit waktu,” katanya menambahkan.

Selain itu, ia juga telah diumumkan sebagai salah satu pebalap untuk entri khusus NASCAR di Le Mans 24 Hours.

Button, juara F1 2009, mengakhiri kariernya yang dibangun selama 17 tahun setelah musim 2016, lalu beralih tampil dalam beberapa program televisi dan sesekali membalap di berbagai seri.

Ia pernah mengendarai mobil sport di kelas GT500 Seri Super GT Jepang dan memenangkan kejuaraan tersebut pada 2018. Button juga melakukan lima balapan dari FIA World Endurance Championship yang mencakup Le Mans 24 Hours dan Baja 1000 pada 2019.

Balapan F1 terakhirnya adalah pada tahun 2017, ketika dia menggantikan Fernando Alonso yang melewatkan GP Monaco.

Baca juga: Button akan membalap di seri offroad elektrik Extreme E
Baca juga: Jenson Button juarai balap virtual Legends Trophy

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Roy Rosa Bachtiar
COPYRIGHT © ANTARA 2023

What do you think?

Written by Julliana Elora

Max Verstappen sambut Fernando Alonso sebagai pesaing perebutan titel juara

Verstappen sambut Alonso sebagai pesaing perebutan titel juara