in

Masyarakat yang bekerja pilih kuliah Universitas Terbuka

Palembang (Antarasumsel.com) – Masyarakat yang bekerja baik di pemerintahan maupun swasta lebih memilih kuliah di Universitas Terbuka, karena proses pembelajarannya sangat mudah tanpa harus tatap muka dan tidak mengganggu waktu bekerja.

Salah satu mahasiswa yang diwawancarai wartawan Antarasumsel.com saat berlangsung acara orientasi mahasiswa baru non-pendas (Pendidikan Dasar) Fakultas Ekonomi, jurusan Akuntansi, Dini Mardiani, mengatakan, alasan pertama mengambil kuliah di Universitas Terbuka Negeri UPBJJ (Universitas Pembelajaran Jarak Jauh), karena memiliki sistem yang amat memudahkan, tidak harus tatap muka dalam proses pembelajaran.

“Sistem pembelajaran jarak jauh ini sangat cocok untuk yang sedang bekerja, seperti saya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Universitas Terbuka Negeri  Ir. Adi WinataM.si  di Palembang, Minggu mengatakan, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini memakai sistem terbuka dan pembelajaran jarak jauh.

“Sistem terbuka berarti setiap orang dapat menjadi mahasiswa UT tanpa pembatasan usia, tahun kelulusan dan lama studi, yang penting setara Sekolah Menengah Atas,” katanya.

Ia menambahkan, kalau pembelajaran jarak jauh itu artinya ada jarak antara yang belajar dan mengajar. Kemudian jarak itu dijembatani dengan media yang khusus dikembangkan untuk sistem belajar jauh.

“Dalam Universitas Terbuka ini, 80 persen mahasiswa sudah bekerja, karena perguruan ini sangat memudahkan bagi yang bekerja,” katanya.

Terlebih lagi ia mengatakan, saat ini jumlah mahasiswa UT se-Sumsel mencapai angka ribuan, kalau untuk mahasiswa yang baru masuk khusus non-pendas itu mencapai 600 orang.

“Kalau kuliah di UT itu tidak membatasi umur, siapapun boleh masuk asal sesuai ketentuan,” kata dia.

Editor: Indra Gultom

COPYRIGHT © ANTARA 2017

What do you think?

Written by virgo

Dua Remaja Penyelundup 92 Kg Ganja Ditangkap

Trend rambut klimis jadi “life style” remaja.