in

Matematika Unidha Ajarkan Siswa lebih Fun Belajar

PADEK.CO—Menjadi mata pelajaran dianggap sulit bagi sebagian siswa, mau tak mau guru matematika harus bisa berinovasi guna menjadikan mata pelajaran ini bukan lagi menakutkan. Siswa lebih mudah memahami dan menguasai mata pelajaran satu ini.

Hal inilah menjadi latar belakang tim pengabdian kepada masyarakat Prodi Matematika Unidha melakukan kegiatan di SMAN 14 Padang, baru-baru ini. Kali ini, pengabdian bertajuk “Peningkatan Penguasaan Konsep Matematika melalui Penerapan Kehidupan Sehari-hari.”

“Sebetulnya, matematika ilmu yang mempelajari tentang besaran, struktur, bangun ruang, dan perubahan-perubahan yang ada pada suatu bilangan. Bahkan, matematika salah satu ilmu yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Ketua PKM Prodi Matematika Fakultas Farmasi, Sains dan Teknologi, Nurweni Putri SSi MSi, akhir pekan lalu.

Menurut dia, banyak manfaat yang didapatkan bila menggemari mata pelajaran satu ini. Di antaranya, seseorang bisa berpikir sistematis, terbiasa berhitung. Lalu, menggembangkan logika, bisa menarik kesimpulan secara objektif, serta menjadi teliti, cermat dan sabar.

Kegiatan yang juga dihadiri Kepala SMAN 14 Padang Evidel SPd dan Ketua Prodi Matematika Dr Eng Budi Rahmadya MEng, Nurweni mengakui bahwa mata pelajaran masih menakutkan bagi sebagian siswa. Mulai, rumusnya banyak dan sulit diingat,

“Soalnya sulit dan pembahasan panjang, banyak tugas. Lalu, soal latihan dan ujian berbeda. Termasuk, aplikasi dalam kehidupan sehari-hari tidak jelas,” terang Nurweni.

Biar begitu, tambah dia, ternyata banyak aplikasi yang matematika dalam kehidupan sehari-hari. Mulai penggunaan aplikasi linier, yakni digunakan untuk memecahkan masalah pengoptimalan (memaksimalkan atau meminimalkan suatu tujuan). Termasuk, integral. (r)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Siapkan Jaringan Andal Jelang Nataru, PLN Gelar Rampal Pohon Massal

Ganjar-Mahfud Janji Perhatikan Difabel: No One Left Behind