in

Mau Jadi Pemimpin Yang Sukses, Coba Pelajari Tips Ini

Gaya bicara dan gaya berkomunikasi merupakan hal terpenting yang harus dipunyai oleh seorang pemimpin. Seorang leader atau pemimpin yang baik itu, harus bisa berkomunikasi dan berbicara dengan baik terhadap bawahannya. Seorang pemimpin sudah sepatutnya disegani oleh bawahannya.

Seorang pemimpin yang baik, harus bisa berkomunikasi dengan baik. Dia harus pede, dan harus tegas dalam berbicara. Hal ini dilakukan agar instruksi yang disampaikannya dapat diterima dengan tepat. Sehingga pekerjaan yang dilakukan dapat diselesaikan dengan cermat dan tepat. Berbicara seorang pemimpin pastinya berbicara juga mengenai presentasi. Dan di dalam presentasi, tentunya seorang pemimpin itu harus memiliki gaya bicara yang baik. Hal ini dilakukan, agar apa yang dipresentasikan dapat dicerna dan dimengerti oleh rekan audiensnya.

 

Berikut ini merupakan tips yang bisa kamu coba, agar dapat menjadi seorang pemimpin yang sukses.

Dapat Menjadi Pendengar Yang Baik

Sering kali kita melihat seorang atasan atau pemimpin yang bersikap seolah-olah arogan dan tak mau mengerti ataupun mendengar solusi dari bawahannya. Seolah-olah sikap mereka ini adalah hal yang paling benar dan harus dituruti. Namun bagaimanapun juga bila kita mendapatkan atasan yang seperti ini, kita harus ikuti instruksinya.

Tetapi harus kamu pahami, bahwa menjadi seperti itu, tak layak dan tak baik untuk dilakukan. Dan diharapakan, bila nantinya  kamu mendapatkan kesempatan menjadi seorang leader suatu saat kelak, jangan sampai kamu melakukan hal tersebut kepada tim ataupun bawahanmu.

Seorang pemimpin yang baik, sudah pasti mau dan dapat mendengar lawan bicaranya. Komunikasi yang baik itu pastinya, komunikasi yang berjalan dua arah. Saat orang menyampaikan pendapat, sanggahan, ataupun pertanyaan, sebagai pemimpin yang baik kamu harus mendengarkannya.

Mau Dan Tak Segan Untuk Meminta Maaf

Bila seorang pemimipin membuat kesalahan, tentunya mereka tak akan segan untuk meminta maaf. Sebab pemimpin yang baik itu, mau mengakui kesalahan yang telah diperbuat. Mereka pemimpin yang sukses, pastinya menyadari bahwa kebesaran jiwa atau sikap berjiwa besar akan menimbulkan keuntungan untuknya.

Mengajukan Solusi

Mencari-cari kesalahan orang adalah hal yang mudah dilakukan oleh semua orang. Namun bagaimana menemukan ide atau solusi dari suatu pemecahan masalah, tentulah tak mudah. Seorang pemimpin yang baik itu akan berusaha fokus pada pemecahan masalah, bukannya mencari-cari kesalahan dalam masalah tersebut.

Mereka adalah sosok yang otentik

Seorang pemimpin yang baik, pastinya dia mengerti pentingnya untuk mempertahankan orisinalitas. Ia tak akan memaksa untuk merubah sikapnya, baik itu dalam kehidupan sehari-hari maupun saat di belakang saat tidak bekerja. Coba kamu lihat Mark Zuckerberg, seorang pemimpin sukses media sosial facebook. Dalam penampilannya Mark Zuckerberg selalu terkesan orisinil dan tak memaksa untuk terlihat menjadi boss besar. Bisa kita lihat dalam penampilannya, sering kali kita lihat dia selalu mengenakan busana santai berupa kaos, shirt ataupun pakaian lainnya.

Amat jarang kita lihat dia berpenampilan rapih dengan kemeja. Karena Mark Zuckerberg tahu, bahwa menjaga orisinalitas itu penting.

Berbicara Jujur

Seorang pemimpin yang baik tentunya bisa dipercaya. Terutama dapat dipercaya dalam hal kejujuran berbicara. Mereka pemimpin yang sukses tentunya akan menceritakan apa yang dialami dengan jujur tanpa mengada-ada. Karena bila seseorang itu jujur maka orang tersebut dapat dipercaya. Bila telah mendapatkan kepercayaan tentunya relasi akan bertambah banyak.

Baca Juga: Tak Memiliki Uang Banyak Untuk Berwisata Di Jakarta, Ini Alternatif Yang Patut Dicoba

Bersifat Proaktif

Proaktif adalah sikap dimana mau turun dan terjun kelapangan secara langsung. Atau lebih familiarnya dikatakan dengan jemput bola. Seorang pemimpin yang baik, pasti ia akan bersikap proaktif. Tanpa harus menunggu untuk diminta bawahannya, ia akan segera terjun langsung ke lapangan. Hal ini dilakukan agar pekerjaan senantiasa terkontrol dengan baik. Apabila ada suatu kesalahan di lapangan yang dilakukan oleh teamnya, maka dengan segera akan cepat teratasi.

What do you think?

Written by virgo

Jangan Disamakan

KPK Fokus Atasi Korupsi Energi