in

Media Sosial Tidak Bisa Digunakan?

Belakangan ini kita semua mengalami peristiwa suatu hal yang sering kita gunakan, bahkan itu seperti kebutuhan bagi kita. Apa itu? Yaitu Media Sosial. Media sosial belakangan ini tidak bisa kita gunakan padahal di zaman sekarang ini tanpa media sosial seperti ada yang kurang dari kehidupan ini. Ini semua merupakan tindakan tegas dari pemerintahan karena memanasnya situasi politik di negara ini dan masalah keamanan pasca pengumuman hasil pemilu 2019. 

Oleh karena itu pemerintah mengambil langkah tegas ini untuk membatasi akses terhadap fitur-fitur di media sosial (medsos). Langkah tegas ini diambil pemerintah untuk sementara waktu hingga keadaan politik dan keamanan di negara Indonesia kita ini kembali tenang. Ini semua memiliki tujuan yaitu untuk mencegah penyebaran hoaks yang bisa mempengaruhi keadaan Indonesia saat ini, dan juga untuk mencegah provokasi dan hasutan-hasutan di masyarakat.

Media sosial itu pada awalnya memang diperuntukkan sebagai ruang atau wadah informasi dan juga komunikasi bagi mereka yang terpisah jarak. Namun, kita lihat seiring perkembangan zaman media sosial banyak sekali mengambil peran kehidupan kita sehari-hari, baik itu dari hal-hal yang positif yang begitu bermanfaat bagi kita sampai hal-hal yang bermaslahat hingga berbuat jahat. Banyaknya dampak buruk dari penggunaan media sosial ini banyak membawa kekhawatiran dari banyak pihak.

Dilihat dari pengguna medsos di indonesia, negara kita ini merupakan pengguna internet yang banyaknya mencapai 63 juta orang dari seluruh populasi atau seluruh wilayah indonesia. Merupakan pengguna facebook terbesar ke 4 di dunia, sebelumnya adalah negara amerika, brazil, dan India. Dan juga Indonesia merupakan peringkat ke 5 terbesar pengguna twiter.

Banyaknya informasi yang berdampak buruk bagi pengguna medsos, sebaiknya kita para pengguna medsos memiliki pedoman dalam menggunakan sebuah media sosial tersebut yaitu kita mengetahui bagaimana cara memverifikasi data informasi atau gambar ketika kita melihat di sebuah media sosial. Cara untuk mengetahui informasi atau gambar tersebut dengan mengecek kebenaran sumbernya, Seperti kita bisa menggunakan googling untuk mencari kebenarannya. jadi jangan sembarangan menshare atau membagikan informasi yang pertama kali dijumpai tersebut. Kemudian konfirmasi juga dan klarifikasi informasi yang kita dapat tersebut. Dan yang pasti kita tidak diperkenankan menshare informasi mengenai kebencian, gosip, fitnah dan adu domba.

Dapat disimpulkan penggunaan media sosial ini tergantung kepada yang menggunakannya. Kita sebagai pengguna bisa mendapat mudarat atau hal yang negatif, sebaliknya kita juga bisa mendapatkan manfaat dengan cara menshare segala sesuatu yang baik yang ada di media sosial.

Tags: Pendidikan, Media

Loading…

What do you think?

Written by Julliana Elora

Luar Biasa! 7 Kreasi Seni Dari Koin Ini Ternyata Bisa Jadi Motivasi Hidup Loh!

MTQ Tingkat Sumbar di Kota Solok Istimewa