in

Menebang ‘Pohon Bermasalah’ Hingga ke Nias

Jumat, 18 November 2016 16:13 WIB

SARAH Ali, bukanlah penebang kayu biasa! Ia tak sekadar menjinjing gergaji atau menghidupkan raungan mesin chainsaw. Pria tujuh anak itu diklaim sebagai penebang kayu yang spesial. Ketika banyak penebang kayu ‘lempar handuk’, untuk menebang pohon yang kadang dikaitkan dengan hal mistis, Sarah Ali adalah solusinya.

Karena keahlian spesial itu, Sarah Ali yang warga Gampong Pulo Kayu, Susoh, Abdya itu, melanglang buana hingga ke Nias, Sumut. Tentu saja juga termasuk Aceh Selatan. Pria itu dipanggil untuk menangani pohon khusus, termasuk berisiko tinggi karena berada di jantung pemukiman warga. Sarah Ali punya trik untuk menghindari risiko risiko saat penebangan.

Sudah bukan rahasia lagi, jika masih ada masyarakat yang percaya jika pohon besar dan tua, memiliki ‘penunggu’, walau itu hanya klaim tanpa dasar. Bahkan orang sakit yang kebetulan sempat lewat di batang kayu besar pun, dikait-kaitkan dengan pohon kayu, walau itu tak jelas dasarnya. Karena isu itu pula banyak orang yang ogah melakukan penebangan pohon yang telanjur dicap spesial itu, termasuk batang kayu raksasa di jantung kota Blangpidie.

Ketika orang lain telah angkat tangan, Sarah Ali, menyatakan siap untuk menebang pohon tua di Blangpidie itu. Pekerjaan menebang pohon kayu besar sudah dilakoni oleh Ogek (nama panggilannya), di luar daerah antara lain di Aceh Selatan, malahan sampai Nias, Sibolga. Beberapa bulan lalu, Sarah Ali juga diminta bantu menebang pohon besar yang ditumbuh di kompleks makam syahid lokasi pinggiran Jalan Nasional di Desa Alue Rambot, Kecamatan Jeumpa, Abdya. Ogek akhirnya sukses menebang kayu besar itu. Padahal sebelumnya, tidak ada seorang pun warga setempat yang berani menebangnya, karena dalih ada ‘makluk halus’, yang tentu saja tak jelas juntrungnya itu.

Sarah Ali mengaku diantara banyak pohon yang telah berhasil ditebang, pohon kayu di jantung kota Blangpidie itu merupakan yang terbesar. Dan Sarah Ali pun makin eksis di blantika penebangan pohon ‘bermasalah’.(zainun yusuf)

What do you think?

Written by virgo

Lagi, Dua Pemuda Aceh Ditangkap di Langkat

Real puji Ronaldo setelah taklukkan rekor derby di Stefano