in

Mengagumkan, Balita Hafal Seperempat Al Quran

BENTENGI DIRI: Para generasi masa depan Kota Payakumbuh yang sudah mulai akrab dengan Al Quran sejak dini.(IST)

Lucu dan menggemaskan. Itulah keseruannya ketika menyaksikan balita dan anak-anak yang menyetorkan hafalan Al Quran mereka. Jumlah hafalan mereka pun tak main-main. Anak-anak yang masih berusia 5-7 tahun tersebut sudah memiliki hafalan seperempat Al Quran atau 7,5 juz Al Quran.

Penampilan balita dan anak-anak tersebut mengisi acara Haflah Akhirussanah Sekolah Komunitas Tahfidz Anak Usia Dini (TAUD) Semut-Semut Payakumbuh, Sabtu, 24 Desember 2022. Secara bergiliran, mereka membacakan 1,5 juz terakhir dari hafalan mereka.

“Syukur atas nikmat yang tak terhingga, ketika anak-anak kami sudah merampungkan hafalan Al Quran mereka yang sudah mencapai seperempat Al Quran. Tinggal 3/4 lagi, perjalanan menuju hafizh 30 juz. Semoga ditolong dan dibersamai Allah hingga selesai. Sebagaimana ditargetkan, In Shaa Allah, selesai 30 juz sebelum usia mereka 10 tahun,” papar Pembina Sekolah Komunitas Semut-Semut, Ustadz H. Hannan Putra, Lc, MA.

Ada banyak kejadian yang lucu dan menggemaskan. Yang namanya balita dan anak-anak, tentu gaya bahasa mereka lucu. Ada yang main-main, tampil malu-malu, bahkan ada yang ngambek ketika setoran. Tapi menakjubkannya, lantunan ayat Al Quran terus mengalir dari lisan-lisan kecil mereka.

“Perjalanan mereka masih panjang. Baru seperempat yang selesai. Masih ada 3/4 lagi perjalanan yang akan mereka tempuh,” papar sang Ustadz yang juga merupakan Sekretaris MUI Kota Payakumbuh.

Beliau juga menyampaikan, bagi orang tua yang punya keinginan anaknya menjadi penghafal Al-Qur’an, bisa bergabung dengan Sekolah Komunitas Semut-Semut Payakumbuh.

“Penerimaan siswa baru dilakukan dua kali setahun. Untuk Semester Ganjil ini, akhir pendaftaran 31 Desember ini. Masuk sekolah nanti tanggal 9 Januari 2023,” pungkasnya. (tim laman guru Kota Payakumbuh)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Optimalkan Digitalisasi Pendidikan

Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Aktualisasi P5 Kurikukulum Merdeka Belajar