in

Mengejutkan!!! Mengkonsumsi Soda Memiliki Dampak Buruk Bagi Tubuh

Soda adalah air yang diinfuskan dengan karbon dioksida dibawah tekanan tertentu atau bisa di sebut air karbonasi. 

Soda, minuman favorit dan digemari banyak orang dari berbagai kalangan, dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Soda memiliki rasa yang unik dan khas,  karna rasanya minuman ini sangat populer.

Terlepas dari itu, minuman ini memiliki fakta yang cukup mengejutkan, ternyata soda memiliki dampak yang cukup buruk bagi kesehatan tubuh. Karna hampir seluruh minuman yang bersoda sudah dikombinasikan dengan gula atau pemanis buatan, pH minuman akan jadi membahayakan oleh tubuh karena terjadi kenaikan gula dalam darah secara tiba-tiba. 

Lain halnya jika minuman bersoda biasa tidak akan begitu berbahaya bagi tubuh karena keasamannya akan dinetralisir oleh air liur di mulut begitu masuk ke dalam tubuh.
Berikut adalah dampak buruk dari minuman bersoda. 

  • Penyakit jantung

Aterosklerosis adalah salah satu penyebab utama dari penyakit arteri koroner. Aterosklerosis menyebabkan terjadinya penyempitan arteri karena adanya plak sebagai akibat dari naiknya gula dalam darah. Semakin banyak minuman bersoda yang  dikonsumsi, maka akan semakin besar pula resiko untuk terkena penyakit jantung.

Baca juga : Lezat!!! Makanan Khas Bandung yang Hits dari Dulu Hingga yang Baru-baru ini Hits

  • Penambahan berat badan dan penuaan 

Kelebihan gula akan disimpan di dalam tubuh sebagai lemak. Hasilnya akan terjadi penambahan berat badan. Kemudian telomere di kromosom juga memburuk yang mempercepat terjadinya proses penuaan dini.

  • Berkurangnya jumlah sperma dan kerusakan kulit serta pemicu jerawat

Konsumsi air bersoda yang berlebihan akan menyebabkan ketidakseimbangan pH dan kadar glikemik dalam tubuh. Ketidakseimbangan yang berkelanjutan ini akan menyebabkan timbulnya jerawat dan merusak kulit serta yang paling buruk bagi pria adalah mengurangnya jumlah sperma pria.

  • Diabetes

Tidak bisa diragukan lagi bahwa konsumsi minuman soda berlebih akan meningkatkan risiko diabetes karena naiknya gula darah secara signifikan.

  • Osteoporosis dan Kerusakan gigi

Osteoporosis adalah kondisi yang disebabkan karena berkurangnya penyerapan kalsium dalam tubuh. Minuman bersoda mengandung Phosphoric acid. Fosfor, meskipun penting untuk mempertahankan kepadatan tulang, jika terlalu banyak juga bisa mengurangi penyerapan kalsium. 

Dan dampak pada gigi adala melemahkan gigi, menyebabkan gigi berlubang, hingga merusak kilau putih alami gigi, bakteri yang ada di dalam mulut akan bereaksi dengan gula dari soda yang kemudian membentuk asam dan menyerang enamel gigi. Serangan asam terus-menerus ini yang akan merusak gigi. 

Nah, itu dia dampak buruk mengkonsumsi minuman bersoda.  Tidak masalah untuk meminumnya sekali-kali dalam batas yang wajar tetapi jika dikonsumsi berlebihan akan berdampak buruk juga bagi tubuh.

kamu juga
bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta
rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kerja Sama Askrindo-Himbara

Langkah Full Chicken Dinner dalam PUBG Mobile