in

Menpora RI: Sumut-Aceh terus tunjukkan komitmen selenggarakan PON 2024

Medan (ANTARA) – Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo mengatakan Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh terus menujukan komitmen untuk menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

“Proses penyelenggaraan sudah berjalan, Sumut- Aceh komit dan siap menyelenggarakan PON di tahun 2024,” ujar Dito Ariotedjo usai Rapat Koordinasi Persiapan PON 2024, di Medan, Jumat.

Ia mengatakan Kemenpora akan terus berkoordinasi dengan pemangku kebijakan terkait guna menyamakan visi- misi dan langkah dalam menyelenggarakan PON 2024 tersebut.

“Hari ini rapat koordinasi terkait penyelenggaraan PON di Sumut, tadi bersama bapak Gubernur Sumut, bapak Ketum KONI, dan PUPR, kita menyamakan visi misi untuk persiapan penyelenggaraan PON,” kata Dito.

Dito mengungkapan persiapan PON 2024 Sumut-Aceh masih memiliki sejumlah catatan. Namun, kata dia, akan segara diselesaikan baik persiapan fisik maupun non fisik.

“Jadi memang masih ada beberapa catatan yang harus dicarikan solusinya, terkait dengan venue dan penyelenggaraan, jadi hari ini kita benar benar mengecek persiapan,” sebutnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyampaikan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di wilayah ini terus menunjukkan progres yang baik.

“Secara fisik 30,36 persen dan non fisik sudah 58 persen kurang lebih,” ujar Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi mengharapkan, sinkronisasi perencanaan anggaran bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Provinsi Aceh. Selanjutnya, akan ada pertemuan dengan Provinsi Aceh untuk membahas hal tersebut.

“Secara maraton kita koordinasi terus, karena PON ke 21 dilaksanakan di Aceh dan Sumut, mana yang dianggarkan oleh APBN dan mana yang dianggarkan oleh APDB, kita sudah diskusikan itu,” kata Edy.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo meninjau sejumlah sarana olahraga di Sumatera Utara yang nantinya akan dijadikan arena pertandingan beberapa cabang olahraga pada PON XXI Aceh- Sumut.

Sejumlah sarana yang ditinjau di antaranya gedung futsal, gedung boling, stadion mini dan Gedung Serbaguna Pemprov Sumut di jalan Pancing Medan.

Dalam peninjauan tersebut Menpora didampingi Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis serta Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman.

Baca juga: Gubernur sampaikan persiapan PON sudah 60 persen kepada Menpora RI
Baca juga: KONI Sumut pastikan PON 2024 dilaksanakan sesuai jadwal

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2023

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ribuan pelaku UMKM Sumsel mengajukan permohonan perseroan perorangan

Satpas 0815 Pesisir Selatan, Siapkan Lintasan Ujian Praktik SIM huruf ” S”