in

Menyorot Kelurahan Kampung Pondok

Warga Tagih Janji Perbaikan Drainase

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Padang menjanjikan perbaikan drainase pada warga Kelurahan Kampung Pondok Kecamatan Padang Barat tahun ini. Meski telah berjuang sejak 2014, hingga awal 2016 ini, namun perbaikan drainase belum juga dilakukan.

Kondisi ini dikatakan Ketua RT 01/RW 04 Tanah Kongsi Pondok, Hongky Victor, kemarin (13/2). Kawasan Pondok, katanya, menjadi langganan banjir setiap musim penghujan. Harapan perbaikan drainase sudah menjadi idaman 60 kepala keluarga (KK) yang bermukim di kawasan Pondok.

Wakil rakyat daerah pemilihan setempat juga telah membuat perencanaan dan memperjuangkan pada 2014. Hanya saja rencana itu tertunda. “Dinas PU beberapa hari lalu sudah menjanjikan akan melakukan perbaikan tahun ini dan melakukan normalisasi tahun depan,” katanya.

Rencana perbaikan saluran dengan panjang 140 meter tersebut dilaksanakan melalui dana aspirasi Iswanto Kwara, anggota DPRD Padang. Hongky mengaku, dirinya berapa kali mengusulkan hal itu saat musrembang. Tapi, belum juga terealisasi.

“Sudah lama sekali kami impikan dan kabarnya akan diperbaiki tahun ini dan itu pun telah ditinjau oleh pihak PUPR,” ungkap Hongky.

Kepala Bidang Pemanfaatan Sumbar Daya Air (Kabid PSDA) PUPR Padang, Fadelan Fitra Masta mengatakan, perbaikan drainase di kawasan Padang Barat terutama di Pondok akan segera dilakukan, terutama di bawah rumah warga dan saluran tersier di belakang Pasar Tanahkongsi.

Kepastian itu diakuinya setelah meninjau lokasi didampingi Iswanto Kwara. Rencananya akan dilaksanakan Maret. “Akan dilakukan secepatnya, Maret ini. Anggarannya nanti diambil dari dana aspirasi Pak Iswanto Kwara,” ungkap Fadel.

Di Pondok sendiri, terjadi penyumbatan dan rusaknya saluran drainase. Satu jam hujan, rumah warga tergenang air setinggi paha orang dewasa. Iswanto Kwara mengakui hal tersebut.

Menurutnya, persoalan itu tidak hanya di kawasan Pondok saja tapi juga di beberapa tempat atau kawasan di kelurahan dan kecamatan lain. Karena itulah politisi PDIP itu mendistribusikan anggaran pokok pikiran pada Kelurahan Belakangtangsi, Beroknipah dan Kampung Pondok. Dana aspirasi danggarkan sebesar Rp 1 miliar.

“Tahun lalu tidak terealisasi dengan baik. Maka tahun ini diharapkan dapat terpenuhi dan dapat dikerjakan oleh Dinas PU Padang,” kata Iswanto Kwara.

Diharapkan persoalan banjir di Tanahkongsi, Kampung Pondok dapat teratasi dengan perbaikan drainasenya. “Anggaran sudah saya hibahkan. Selain untuk drainase, juga ada kegiatan lain seperti betonisasi jalan,” pungkasnya. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Golkar Hilangkan Kubu-kubuan

Pembunuh Kim Jong-nam Ditangkap