in

MYAirline Proses Pengembalian Dana, AirAsia dan Batik Air Bantu Penumpang Terdampak

PADEK.JAWAPOS.COM-Maskapai penerbangan bertarif rendah MYAirline telah menghentikan operasinya sejak Kamis (12/10/2023) karena tekanan keuangan yang berat.

Dewan direksi MYAirline, dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, mengatakan pihaknya menyesali keputusan tersebut dan meminta maaf atas dampaknya terhadap penumpang, karyawan, dan mitranya.

Saat ini pihak maskapai asal Malaysia yang didirikan tahun 2021 tersebut, sedang mempercepat proses pengembalian dana dan meminta kesabaran dari penumpangnya yang terkena dampak.

“Kami saat ini sedang menangani 12.000 email dalam jumlah besar dan MYAirline juga sedang dalam proses membangun hotline, untuk membantu penumpang dengan lebih baik,” kata Interim Accountable Executive Datuk Seri Azharuddin Abdul Rahman melalui laman Facebook, Sabtu (14/10/2023).

Untuk memudahkan proses refund, penumpang diimbau untuk memberikan email nomor pemesanan (PNR) di [email protected].

Terkait status kepegawaian personel MYAirline, Azharuddin menjelaskan, seluruhnya masih bekerja penuh dan tidak mendapat cuti tidak dibayar.

“Sehubungan dengan kemitraan strategis ini, kami telah menerima banyak minat dan dengan cermat mengevaluasi proposal serta akan terus memberikan informasi terkini kepada penumpang kami yang berharga dan pemangku kepentingan terkait,” katanya.

Dia juga menyampaikan permintaan maaf MYAirline yang tulus kepada semua penumpang dan lembaga penerbangan yang terkena dampak penghentian operasi yang mendadak.

Sementara itu, maskapai penerbangan AirAsia menawarkan diskon 50 persen untuk tarif dasar sekali jalan khusus untuk penumpang MYAirline yang terkena dampak penghentian operasi.

Penawaran khusus tersebut, berlaku bagi penumpang dengan pemesanan penerbangan terkonfirmasi ke dan dari Kuala Lumpur, Langkawi, Penang, Tawau, Kota Bharu, Kuching, Kota Kinabalu, Kota Kinabalu-Tawau, dan Don Mueng-Bangkok dan Suvarnabhumi-Bangkok hingga 30 November 2023.

Maskapai penerbangan lainnya, Batik Air juga memberikan bantuan kepada penumpang MYAirline yang terkena dampak, dengan tarif tetap pada rute tertentu.

Penumpang yang terkena dampak diharuskan melampirkan salinan tiket MYAirline mereka dan melakukan pemesanan melalui email di [email protected].

“Penumpang dapat memanfaatkan tarif khusus satu arah yang mencakup semua ini untuk perjalanan hingga 30 November, dan kursi tergantung ketersediaan,” kata Direktur Strategis Grup Lion Group dan Batik Air Datuk Chandran Rama Muthy dalam pernyataannya, Kamis (12/10/2023) seperti dilansir The Star.(tsr)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Andre Rosiade Sebut Laporan Semen Padang FC Pertaruhan Transformasi PSSI

Panen Raya Padi di Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, 13 Oktober 2023