in

Nyalakan Lilin-lilin Kecil Seantero Nusantara

Kunjungan Astra Group di Graha Pena Padang  

PT Astra International  tak sekadar berbisnis. Namun, juga konsisten mambangun negeri lewat program-program pemberdayaan kemasyarakatan. Telah lima puluhan tahun jaringan bisnis terbesar di Indonesia ini turut menyemangati rakyat memajukan bangsa.

Lewat Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Award, PT Astra International Tbk mencari para pemuda inspiratif di seantero Nusantara yang telah memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitar.

“Kami ingin menyalakan lilin-lilin kecil di seluruh penjuru Nusantara. Anak-anak muda yang rela mengorbankan dirinya demi kemajuan masyarakat dan daerahnya. Walaupun kecil, kami meyakini lilin-lilin itu bisa menerangi Indonesia,” kata Head Officer Public Relation PT Astra International Tbk Yulian Warman dalam kunjungannya ke Graha Pena Padang, kemarin (13/12).       

Yulian Warman bersama jajaran di bawah payung Astra Group disambut Chief Operating Officer (COO) Riau Pos Group Divre Padang, Marah Suryanto dan jajaran.

Rombongan Astra Group yang terdiri dari 30 orang itu, langsung menyambangi Padang Ekspres Group setibanya di Bandara Internasional Minangkabau dari Jakarta. 

Dalam silaturahmi dan diskusi yang berlangsung santai itu, Astra Group dan Padek Group saling berbagi informasi dan pengalaman dalam mengembangkan bisnis masing-masing. Menurut Yulian Warman, di balik cerita sukses sebuah usaha, senantiasa tersimpan semangat membangun negeri.  

Yulian menjelaskan, selama 59 tahun, Astra telah menjadi saksi pasang surut ekonomi Indonesia dan terus berkembang dengan memanfaatkan peluang bisnis berbasis sinergi dengan pihak eksternal maupun internal Grup Astra.  

“Bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan berjalan seiring. Karena itu, kami intensif menjajaki kerja sama dalam bidang sosial. Terutama, memaksimalkan penyaluran corporate social responsibility (CSR) yang mencakup empat bidang, kesehatan, pendidikan, lingkungan dan UKM (usaha kecil menengah),” jelas Yulian, mantan jurnalis itu. 

Guna menunjukkan komitmennya itu, Yulian menyebut Astra Group memiliki lebih dari dua yayasan yang fokus memberdayakan bidangnya masing-masing. 

“Coba lihat perusahaan besar lainnya di Indonesia, paling hanya punya satu atau dua yayasan untuk kegiatan sosial. Namun, Astra punya sembilan yayasan. Semuanya aktif,” jelas Yulian.

Dalam tujuh tahun terakhir, menurut putra Lintau, Tanahdatar ini, Astra fokus mencari putra-putri terbaik Indonesia yang memiliki terobosan, bekerja tanpa pamrih untuk masyarakat dan menganugerahi mereka Satu Indonesia Award. 

Program tersebut bentuk pencarian bakat-bakat Indonesia muda dalam berbagai bidang karya. Di antaranya, pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi dan IT (ilmu dan teknologi). Individu yang terpilih dibina plus memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 55 juta. 

“Ini sudah tahun ketujuh kami berkomitmen. Dulu, pesertanya hanya 100 orang lebih, sekarang sudah 2.341 orang,” jelasnya . Di Sumbar, menurut Yulian, terdapat 12 perusahaan Astra. 

COO yang juga General Manager (GM) Padang Ekspres, Marah Suryanto dalam kesempatan itu mengatakan, Astra International dan Padang Ekspres memiliki kesamaan visi.

Dalam peliputan dan rubrik-rubrik di Padang Ekspres, kata Marah Suryanto, ikut mendorong munculnya tokoh-tokoh muda yang memiliki terobosan dan mengerjakan hal-hal menginspiratif.  

“Ini bisa disinergikan. Selain bisnis, Astra dan Padang Ekspres Group bisa bekerja sama dalam bidang sosial,” jelas Marah Suryanto. 

Yulian tidak menampik bila selama ini  Astra Group minim dalam publikasi kerja-kerja sosial di wilayah bisnis masing-masing daerah. Padahal, begitu banyak kegiatan Astra di bidang sosial.

“Dulu, prinsip dari manajemen kita jika tangan kanan memberi, tangan kiri jangan sampai tahu. Sekarang mulai diubah, kalau tangan kanan memberi, tangan kiri yang menuliskan,” ucap Yulian.

Karena itu pula, Yulian dan jajaran yang bertugas di bidang public relation, bersinergi dengan Padang Ekspres Group sebagai media terbesar di Sumbar, melakukan aksi-aksi sosial. 

Astra Group hadir sebagai jaringan bisnis terbesar yang bergerak di tujuh divisi. Selain otomotif, juga pelaku utama di segmen jasa keuangan, agribisnis, infrastruktur dan logistik, properti, alat berat dan pertambangan, teknologi dan informatika. Terdapat 212 perusahaan di bawah bendera Astra Group dengan 113 ribu karyawan. 

Selain Marah Suryanto, hadir Wakil GM Padang Ekspres Sukri Umar dan Two Efly, Pemimpin Redaksi Nashrian Bahzein, Pemimpin Perusahaan Mukhtisar, GM Padang TV Rita Gusveniza, GM PT Padang Graindo Rita Arianti, Koordinator Divre Syukron Putra dan para manajer di lingkungan Padang Ekspres Group. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Pengunjung Sidang Dahlan Ikut Menangis

Tawaran Menarik TokTok di Momen Hari Belanja Online Nasional