in

Padang dan Bandung Masuk Daftar 100 Kota dengan Kuliner Terbaik Dunia

PADEK.JAWAPOS.COM-Kota Padang yang menjadi ibu kota Provinsi Sumatera Barat masuk dalam daftar 100 kota dengan kuliner terbaik di dunia Versi TasteAtlas. Sedangkan Bandung menempati posisi kesepuluh sebagai kota dengan kuliner terbaik menurut TasteAtlas. Disusul oleh Jakarta pada urutan kesebelas.

Kedua kota ini mengalahkan kota terkenal lain di dunia seperti Paris, Bangkok, Macau, bahkan Seoul. Hal tersebut dibagikan oleh TasteAtlas melalui akun instagram @tasteatlas pada (15/12), dengan caption: “TasteAtlas Awards: Top 100 Cities to enjoy local food in 2024”.

Tiga urutan pertama dipegang oleh negara Italia dengan urutan kota-kota Roma, Bologna, dan Naples. Lalu di urutan keempat ada ibu kota Austria, Vienna. Jepang juga menempati dua posisi pada urutan ke-5 dan 6, dengan kota Tokyo dan Osaka. Lalu disusul Kota Hongkong, Turin, Gaziantep, dan Bandung dengan poin 4.66.

Selain Bandung dan Jakarta, 6 kota di Indonesia lainnya juga masuk dalam awards tersebut. Yakni Surabaya pada posisi ke-16, Padang di posisi 42, Malang di posisi 49, Yogyakarta di urutan ke-58, Seminyak di urutan ke-67 dan terakhir Ubud di urutan 86.

Dikutip dari bandung.go.id, kuliner khas Bandung yang paling diminati adalah Batagor, Mie Kocok, Kupat Tahu, dan Soto Bandung. Makanan-makanan lokal tersebut masih sangat mudah ditemui apabila berkunjung ke Bandung, meski termasuk makanan tradisional.

Mengingat saat ini sudah banyak makanan-makanan baru yang populer dan menjadi incaran masyarakat khususnya anak muda yang gemar jajan.

Sebelumnya, TasteAtlas juga sempat membagikan beberapa makanan khas Indonesia pada setiap kategori. Seperti pisang goreng yang masuk dalam kategori “Best Dessert”, dan bakso pada kategori “Best meatball”.

Pada kategori “Best Meat Soup”, ada 5 makanan Indonesia yang masuk. Yaitu rawon, soto betawi, coto makassar, soto lamongan, dan konro. Yang terbaru adalah pempek, bubur ayam, serta ayam goreng yang masuk pada kategori “Best Dishes”.

TasteAtlas adalah situs asal Kroasia dengan konten ulasan makanan tradisional, berbagai resep khas dari seluruh dunia, dan restoran-restoran otentik di berbagai negara.

Hal ini menunjukkan bahwa makanan tradisional Indonesia mampu setara dengan makanan terkenal dunia lainnya sekaligus mengenalkan makanan Indonesia pada khalayak luas.(jpg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

UPZ Baznas Semen Padang Santuni Korban Kebakaran di Lubukkilangan

Bentuk Badan Pengelola Ekosistem WTBOS, Seniman dan Anak Nagari Beri Rekomendasi