in

PDIP Bahas Konsepsi Berdikari

Rakernas Parpol – Presiden Joko Widodo Akan Hadiri Rakernas III PDIP di Bali Jumat Ini

Konsolidasi partai jelang Pilkada serentak dan Pemilu 2019 serta konsepsi pembangunan menjadi topik utama Rakernas PDIP di Bali.

Sanur – Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan bertujuan memberikan sumbangsih terhadap bangsa terkait konsepsi pembangungan yang berdiri diatas kaki sendiri atau Berdikari.

“Selain membahas pelaksanaan Pilkada serentak, konsolidasi Partai dalam rangka Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019, hal-hal berkaitan dengan konsepsi pola pembangunan berdikari mendapat porsi pembahasan yang sangat besar,” kata Hasto di Sanur, Bali, Kamis (22/2).

Dia menjelaskan, pembukaan Rakernas akan digelar secara sederhana dan tertutup, diikuti oleh internal kader partai. Melalui pembahasan internal secara tertutup, Hasto menegaskan berbagai persoalan dapat dilihat secara jernih.

Dengan demikian, lanjut dia, agenda politik yang ditawarkan PDIP berakar kuat pada kehendak rakyat dan berpijak pada ideologi bangsa Pancasila.

Hasto menjelaskan Rakernas III PDI Perjuangan digelar Inna Grand Bali Beach Sanur, Bali, Jumat – Minggu (23-25/2) mengambil tema “Pola Pembangunan Berdikari untuk Indonesia Raya”, tema itu sengaja dipilih guna memberikan arah terhadap prioritas pembangunan bangsa dan negara.

Dia mengungkapkan, PDI Perjuangan berpandangan prioritas pembangunan negara seharusnya bertumpu pada jalan pembumian Pancasila, dengan mengelorakan harkat dan martabat bangsa serta percaya pada kekuatan bangsa sendiri.

“Apa yang dibahas sebagai Pola Pembangunan Berdikari nanti akan menjadi dasar bagaimana partai mengelola pemerintahan negara dari pusat hingga ke provinsi, kabupatenkota, hingga di tengah rakyat,” ujarnya.

Menurut Hasto, konsepsi tersebut menjadi guideline policy yang dijabarkan seluruh kader partai di pemerintahan, misalnya bagaimana Indonesia berdaulat di bidang pangan, dijabarkan dalam Pembangunan Berdikari tersebut.

“Keseluruhan materi Rakernas menunjukkan perhatian PDI Perjuangan terhadap watak politik ideologis yang membangun peradaban,”katanya.

Selain itu, dia menjelaskan seluruh persiapan Rakernas dipimpin oleh I Wayan Koster sebagai Ketua Panitia Pengarah atau OC, Sukur Nababan sebagai Ketua Panitia atau SC dan Prananda Prabowo sebagai salah satu panitia pengarah.

Terkait pencalonan kembali Joko Widodo sebagai calon presiden pada Pilpres 2019, mengungkapkan, ajang Rakernas di Bali ini belum mengumumkan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Rakernas ini lebih menekankan kesiapan PDIP dalam menghadapi Pilpres 2019. “Saat ini PDIP ingin memberikan dukungan faktual agar tingkat kepuasan publik pada pemerintahan Jokowi makin tinggi,”tambhanya.

Sudah di Bali

Sementara itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berada di Bali dan dijadwalkan menghadiri Rakernas III PDIP di tengah kunjungan kerjanya. Presiden tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Kamis sekitar pukul 19.30 WITA .

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmuddin, megemukakan, Presiden Jokowi memiliki sejumlah agenda kegiatan di Bali, termasuk menghadiri Rakernas III PDI Perjuangan di Inna Grand Bali Beach Sanur, Jumat.

Presiden akan memberikan sambutan dalam acara itu, setelah pada Jumat pagi dijadwalkan menyerahkan sertifikat untuk rakyat di Taman Pujaan Bangsa Candi Margarana, Kabupaten Tabanan.

Kemudian, Presiden juga akan menyerahkan sertifikat tanah desa adat Pekraman dan tempat peribadatan, dan dijadwalkan meresmikan proyek padat karya tunai di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. sur/Ant/AR-3

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kasus OTT Kepala Daerah Harus Jadi Pelajaran

8 Disain Rumah Unik di Dunia