in

Pemkab Solok Buka Jalan Usaha Tani, Manfaatkan Ekskavator!

BUKA JALAN: Bupati Solok, Epyardi Asda saat meninjau pembukaan jalan usaha tani di Nagari Kotogadang Kotoanau, Rabu (20/7).(IST)

Sebagai daerah yang bergantung pada sektor pertanian, jalan usaha tani sangat vital bagi nagari-nagari yang ada di Kabupaten Solok. Untuk itu, keberadaan program ekskavator diharapkan bisa mempermudah masyarakat dalam membuka jalan usaha tani.

“Memang masih sangat banyak jalan usaha tani di nagari yang belum terolah dengan maksimal. Ini menjadi penghalang berkembangnya sektor pertanian,” ujar Wali Nagari Kotogadang Kotoanau, Kecamatan Lembangjaya, Rabu (20/7), saat launching ekskavator di nagari tersebut.

Dijelaskannya, kehadiran ekskavator di nagari tersebut akan dimanfaatkan untuk membuka jalan-jalan nagari dan jalan usaha tani karena masih banyak jalan usaha tani yang belum terolah.

Karena, hampir seluruh warga nagari merupakan petani, dan sangat butuh dengan jalan yang mempermudah mereka untuk ke lahan pertanian. Maka itu, salah satu kegunaan ekskavator yakni untuk membuka jalan usaha tani.

“Untuk tahap pertama kita gunakan dulu untuk pengerjaan yang paling mendesak, yakni jalan usaha tani. Itu memberikan kemudahaan bagi kami untuk menambah akses ke lahan pertanian,” ungkapnya.

Bupati Solok, Epyardi Asda mengatakan, pengadaan dan pemanfaatan ekskavator tidak terlepas dari upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Ia berharap, keberadaan ekskavator ini bisa memberikan dampak yang positif terutama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Solok.

Program pembukaan jalan usaha tani akan mendukung pengembangan usaha pertanian masyarakat. Biaya mobilisasi yang dulu cukup besar bisa dipangkas seminim mungkin. “Saya meminta kegiatan pengecoran jalan usaha tani yang dibangun agar tidak ditenderkan, tapi dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat,” imbaunya.

Pengadaan ekskavator yang awalnya sempat menuai pro kontra, kini terjawab dengan nilai manfaat yang diberikan kepada masyarakat. Semarak pembangunan terhadap daerah terpencil kian terasa.

Diakui bupati, pengadaan ekskavator sudah menjadi program awal, janji kampanye dan pokok pikiran yang diserap dari masyarakat. Apalagi, rata-rata masyarakat bergerak pada bidang pertanian.

“Semoga ekskavator ini dapat membuka jalan baru, jalan-jalan usaha tani, serta membantu untuk pengolahan lahan pertanian milik masyarakat,” pungkasnya. (frk)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Puncak Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022, di Taman Teijsmann, Kebun Raya Bogor, Provinsi Jawa Barat, 23 Juli 2022

Grebek Rumah! Seorang Pemuda Diringkus Polisi, Ada BB 4 Bungkus Sabu